UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Finding a new source of growth impact of internet towards labor productivity in Indonesia = Mencari sumber baru pertumbuhan: pengaruh internet terhadap produktivitas pekerja di Indonesia

Muhammad Mufid Martami; Teguh Dartanto, supervisor; Jossy Prananta Moeis, examiner; Muhammad Halley Yudhistira, examiner (Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Internet becomes more integrated to our life as many of our daily activities areconnected by the internet. This technological advancement should bring many benefitsto people as the purpose of technology itself is to make people do things easier. Ineconomic theory, Solow Growth Theory captured this issue by stating that production isaffected by technology, labor, and capital. In this context, internet also can beinterpreted as form of technology, in a sense that internet helps people to get deliverinformation better faster and more efficient so that production process can be donebetter. Indonesia with its poor internet aspects in the country but has a hugeparticipation in social media making the country very interesting for the object of thestudy to determine whether internet is bringing good impacts towards its economy orinternet is only used for entertainment and social media which could hamperproductivity and impact negatively in economic sense. The purpose of the study is toexplain the relationship between internet and productivity in Indonesia. This study usesFixed Effect and Feasible Generalized Least Squares Model to comprehend therelationship between Internet in the scope of penetration and quality and Productivity.The level of data used is municipality level for all municipalities in Indonesia in 2011and 2014.The result of the study shows that internet penetration and quality affectproductivity significantly and positively.

Internet menjadi lebih terintegrasi dengan kehidupan kita karena banyak dari kegiatansehari-hari kita terhubung oleh internet. Kemajuan teknologi ini mendatangkan banyakmanfaat bagi orang-orang karena tujuan teknologi itu sendiri adalah untuk membuatorang melakukan hal-hal lebih mudah. Dalam teori ekonomi, Solow Growth Theorymenangkap isu ini dengan menyatakan bahwa produksi dipengaruhi oleh teknologi,tenaga kerja, dan modal. Dalam konteks ini, internet juga dapat diartikan sebagai bentukteknologi, dalam arti internet membantu orang untuk mendapatkan menyampaikaninformasi dengan lebih baik lebih cepat dan lebih efisien sehingga proses produksidapat dilakukan dengan lebih baik. Indonesia dengan aspek internetnya yang buruknamun memiliki partisipasi besar dalam media sosial, membuat negara ini sangatmenarik bagi objek penelitian untuk menentukan apakah internet membawa dampakyang baik terhadap ekonomi atau internet hanya digunakan untuk hiburan dan mediasosial yang dapat menghambat produktivitas dan berdampak negatif terhadap ekonomi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara internet danproduktivitas di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Fixed Effect dan FeasibleGeneralized Least Squares Model untuk memahami hubungan antara Internet dalamcakupan penetrasi dan kualitas dan Produktivitas. Tingkat data yang digunakan adalahtingkat kabupaten untuk semua kabupaten di Indonesia pada tahun 2011 dan 2014. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa penetrasi dan kualitas internet mempengaruhiproduktivitas secara signifikan dan positif.

 File Digital: 1

Shelf
 S_Pdf-Muhammad Mufid Martami.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 82 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-148148736 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474353
Cover