UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penggunaan istilah sepak bola oleh komentator olahraga dalam program televisi siaran langsung = The use of football terms by sports commentators on live television program

Fajar Budiyanto; Totok Suhardijanto, supervisor; Mohammad Umar Muslim, examiner; M. Yoesoef, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini mengkaji penggunaan istilah di bidang sepak bola yang digunakan oleh komentator olahraga dalam program televisi siaran langsung, serta bentuk-bentuk istilah sepak bola berupa idiom. Analisis ini dilakukan untuk melihat pola penggunaan istilah sepak bola dan menjelaskan tipe-tipe idiom dalam istilah sepak bola yang memunculkan makna baru dan memperkaya peristilahan bahasa Indonesia. Kerangka analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah silabel yang dikemukakan oleh Chaer 1994 dan register yang dikemukakan oleh Wilkins 1990, serta kerangka analisis mengenai idiom yang dikemukakan oleh Kridalaksana 2007. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data berupa tuturan komentator olahraga dalam program televisi siaran langsung, yaitu GoJek Traveloka Liga 1 yang disiarkan oleh TVONE. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua pola penggunaan istilah di bidang sepak bola, serta terdapat idiom yang digunakan oleh komentator olahraga dalam program televisi siaran langsung untuk menggambarkan sebuah konsep yang baru dan menarik.

ABSTRACT
This thesis reviews the use of football terms and football idioms expressed by sports commentators on live television programs. The analysis is done to identify the usage pattern of football terms and to explain the types of idioms in football terms that create new meaning and enrich the terminology of Indonesian language. The analytical framework used in this study is the syllable structure proposed by Chaer 1994 and the definition of registers by Wilkins 1990 , as well as the analytical framework of idiom proposed by Kridalaksana 2007. This study uses descriptive qualitative research method with the commentary of sports commentators on the live television program, GoJek Traveloka Liga 1 which is broadcasted by TVONE, as the primary data source. The result of this study indicates that there are two usage patterns of the terms in football, and there are two types of idioms expressed by sports commentators to describe a new and interesting concept.

 File Digital: 1

Shelf
 S-pdf-Fajar Budiyanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 107 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-712999739 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474806
Cover