UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh corporate social responsibility pada kinerja keuangan perusahaan: studi empiris pada perusahaan BUMN dan non-BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017 = The influence of corporate social responsibility on corporate financial performance: an empirical study on state-owned enterprises and non-state-owned enterprises listed in Indonesia stock exchange for the period 2013-2017

Dira Rahmawati; Shalahuddin Haikal, supervisor; Zalmi Zubir, examiner; Fahrul Ismaeni, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan CSR yang kontinyu dan terus menerus adalah salah satu cara untuk meminimalisir dan mencegah timbulnya krisis dan isu yang dapat merugikan perusahaan serta stakeholdernya Rahman, 2009. Perusahaan dapat terikat pada 2 dua tipe strategi CSR, diantaranya adalah strategi yang melakukan tindakan-tindakan yang serius dan tepat serta berkomitmen pada perilaku tanggung jawab lingkungan dan sosial. Kim et al., 2012 dalam Wang dan Sarkis 2017 menyatakan bahwa perusahaan yang menerapkan strategi ini biasanya akan memerlukan banyak sumber daya, namun akan berdampak baik pada hasil CSR dan kecilnya kesenjangan legitimasi. Sedangkan strategi kedua merupakan strategi yang berkaitan dengan tata kelola CSR yang bersifat simbolik, yang bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan serta menangani masalah yang muncul. Perusahaan yang menerapkan strategi ini pada umumnya tidak mengalokasikan sumber daya dengan tepat dan secara stratejik, serta berdampak pada tingginya kesenjangan legitimasi. Kesenjangan legitimasi yang timbul berpengaruh pada perusahaan dalam menghasilkan kinerja keuangan yang inferior Leng Chu et al., 2012.
Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh pengungkapan CSR yang diwakilkan oleh pengungkapan CSR secara keseluruhan, pengungkapan kinerja lingkungan dan pengungkapan kinerja sosial terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diwakilkan oleh ROA dan Tobins Q. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN dan Non-BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2017 yang mengungkapkan kinerja CSR nya. Teknik analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fixed effect model dan random effect model. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengungkapan kinerja CSR tidak memiliki pengaruh positif pada kinerja keuangan, baik itu terhadap perusahaan BUMN ataupun perusahaan Non-BUMN.

Continuous implementation of corporate social environmental responsibilities CSR is one way to minimize and prevent crisis and issues which may affect the company and its stakeholders Rahman, 2009. Companies can be tied to 2 two types of CSR strategies, among others are strategies which take serious and proper actions and be committed to environmental and social responsibility behaviors. Kim et. al., 2012 in Wang and Sarkis 2017 suggests that companies implementing this strategy will usually require a lot of resources, but this will have a good impact on CRS outcomes and low legitimacy gaps. Whereas the second strategy is a strategy in connection with symbolic CSR governance, which aims to improve the companies image and deal with emerging problems. Companies that implement this strategy, in general, do not allocate resources properly and strategically, and it results in high legitimacy gaps. The legitimacy gaps arising influences companies in generating inferior financial performance Leng Chu et al., 2012.
The purpose of this study is to look at the effect of CSR disclosures represented by overall CRS disclosure, disclosure of environmental performance and disclosure of social performance towards companies financial performance represented by ROA and Tobins Q. The samples used in this research are companies listed in Indonesia Stock Exchange in the period 2013 2017 that disclose their CRS performances. The statistical analysis technique employed in this study is fixed effect model and random effect model. The result of the study reveals that CSR performance disclosure has no positive effect on financial performance, be it against SOEs or non SOEs.

 File Digital: 1

Shelf
 S-pdf-Dira Rahmawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 153 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-572795902 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474907
Cover