UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Fungsi simbol dan struktur dalam elemen rumah tradisional: studi kasus Uma Lengge, Desa Sambori = Symbolic and structural fuction on traditional house elements: case study Uma Lengge, Desa Sambori

Ghina Azharia; Panjaitan, Toga H., supervisor; Gunawan Tjahjono, examiner; Kemas Ridwan Kurniawan, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRACT
Simbol merupakan sebuah tanda yang merepresentasikan ide, sehingga makna yang ada di dalamnya dapat digunakan untuk memahami kebudayaan. Arsitektur vernakular dibentuk oleh lokalitas, sehingga simbol menjadi aspek yang esensial di dalamnya. Gambaran mengenai fungsi simbol dan struktur pada elemen yang ada di arsitektur vernakular sering kali saling bersinggungan. Skripsi ini dibahas untuk mengetahui apakah sebuah elemen pada rumah tradisional selain berfungsi sebagai simbol dapat juga sebagai struktur dan apakah fungsi sebagai simbol dan struktur dalam suatu elemen dapat dipisahkan. Melalui studi kasus pada bangunan Uma Lengge yang ada di Desa Sambori, ditemukan bahwa fungsi pada elemen yang ada dalam rumah tradisional dapat dikategorikan melalui denotasi dan konotasi dari makna yang terkandung dalam tiap elemen bangunan.

ABSTRACT
Symbol is a mark sign that can represent an idea, the meaning inside it can be used to understand culture. Vernacular architecture formed by locality, which make symbol become an essential aspect in it. Description about symbolic and structural function that exist in the vernacular architecture element is often disguised. This paper objective is to understand whether an element is symbolic or structural and to and to know whether the function of an element can be separated. Through case studies on Uma Lengge Desa Sambori, can be found that traditional house element can be categorized by its function, through denotation and conotation of meaning inside the building elements.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ghina Azharia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 58 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-452326256 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20475073
Cover