UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Struktur narasi pengalaman menyedihkan yang dituliskan oleh anak usia sekolah berbahasa Indonesia = The structures of Indonesian school age children's written sad narratives

Raina Dellani Johanna; Bernadette Kushartanti, supervisor; Untung Yuwono, examiner; Tommy Christomy, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini membahas wacana narasi pengalaman menyedihkan yang dituliskan oleh anak usia sekolah. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah cara anak usia sekolah menyusun narasi mengenai pengalaman menyedihkan. Penelitian ini bertujuan menguraikan struktur narasi pengalaman menyedihkan yang dituliskan oleh anak-anak sekolah. Partisipan N=141 dalam penelitian ini adalah anak berusia 8 mdash;11 tahun yang berada di kelas 3, 4, dan 5 SD di Kota Depok dan Bekasi. Data yang diperoleh kemudian ditranskripsi dan dipilah berdasarkan teori narasi dari Labov dan Waletzky 1997 . Data berupa narasi diklasifikasikan berdasarkan jumlah topik pengalaman dan kelengkapan komponen struktur. Analisis data menghasilkan 9 jenis narasi, yaitu Narasi Tunggal Lengkap, Narasi Tunggal Tidak Lengkap, Narasi Tunggal Kompleks, Narasi Jamak Tidak Lengkap, Narasi Jamak Lengkap dan Tidak Lengkap, Narasi Jamak Terintegrasi Tidak Lengkap, Narasi Jamak Terintegrasi Kompleks, Narasi Jamak Terintegrasi Lengkap dan Tidak Lengkap, serta Narasi Jamak Terintegrasi Tidak Lengkap dan Kompleks. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa semakin tinggi usia anak, semakin kompleks struktur narasi yang diproduksi.

ABSTRACT
In this study, we will discuss about the structure of children rsquo s written narrative. The focus in this study is how school age children express their sad experiences in written narratives. The purpose of this study is to analyze written narratives about their sad experiences. Participants in this study are 8 mdash 11 years old children at Class 3, 4, and 5 in Depok and Bekasi elementary schools. All data were transcripted, sorted, and analyzed based on Labov dan Waletzky 1997 narrative theory. The results are 9 types of narrative structures 1 Single Complete Narratives 2 Single Incomplete Narratives 3 Single Complex Narratives 4 Plural Incomple Narratives 5 Plural Complete and Incomplete Narratives 6 Plural Integrated Incomplete Narratives 7 Plural Integrated Complex Narratives 8 Plural Integrated Complete and Incomplete Narratives also 9 Plural Integrated Incomplete and Complex Narratives. This study has found that the higher the childs age is, the more complex the narrative structure is.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Raina Dellani Johanna.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 55 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-938913996 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20475353
Cover