UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Aplikasi fuzzy C-means dan support vector machines dalam prediksi kebangkrutan perusahaan asuransi = Application of fuzzy C-means and support vector machines for insolvency prediction in insurance companies

Frederica Yaurita; Zuherman Rustam, supervisor; Alhadi Bustaman, examiner; Arie Wibowo, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Masalah kebangkrutan perusahaan asuransi telah menjadi perhatian khusus bagi pimpinan, karyawan, maupun nasabah perusahaan asuransi. Kekhawatiran ini muncul seiringan dengan dampak yang dapat ditimbulkan dari kebangkrutan perusahaan, yaitu perusahaan asuransi tidak mampu memenuhi kewajibannya kepada nasabah, sehingga uang premi yang telah dibayarkan oleh nasabah dalam jangka waktu tertentu menjadi sia-sia. Maka dari itu sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kebangkrutan perusahaan asuransi, kami mencari suatu metode yang kiranya mampu mendeteksi kebangkrutan perusahaan asuransi dengan baik. Pada penelitian ini kami menggunakan beberapa algoritma machine learning, dan ternyata nilai akurasi dari simulasi program yang dilakukan mencapai 93.00 . Ini menunjukkan bahwa algoritma machine learning yang kami gunakan pada penelitian ini dapat dijadikan alat yang efektif untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan asuransi.

Insolvency of insurance companies has been a concern of parties such as the management, the workers, and of course the consumers of insurance companies. This concern has arisen by the impact when an insurance companies got insolvent, that is, the company is unable to fulfil their obligations to customer. So, the premium that have paid by the customer becomes useless. As the attempt to prevent the insolvency of insurance company, we were looking for methods that able to make the insolvency prediction. In this study, we used several machine learning algorithms. The results are very encouraging and show that the algorithms can be a useful tool in this sector. We found that the algorithms achieved 93.00 accuracy rate.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Frederica Yaurita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xxiii, 77 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-750342523 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20475494
Cover