UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Mahasiswa seni: Liminalitas, kreativitas, dan konvensi = Art student: Liminality, creativity, and conventional

Futri Eka Maghpirah; Tony Rudyansjah, supervisor; Prihandoko Sanjatmiko, examiner; Lumenta, Dave, examiner; Irwan Martua Hidayana, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Diskusi tentang seni selama ini selalu ditempatkan pada sisi kebebasan dan tanpa adanya struktur dan aturan-aturan birokrasi. Selain ruang yang bebas, individu atau personal juga dilihat sebagai satu-satunya sumber dari keberadaan suatu karya seni. Berdasarkan hasil penelitian di Kampus Seni Jakarta yang dilakukan dengan metode etnografi selama kurang lebih 3 bulan, kreativitas mahasiswa seni sebagai pelaku seni tidak lagi hanya muncul pada kegiatan di luar kampus saja dan juga dalam proses kreatif tersebut individu selalu berelasi dengan individu atau kelompok sosial lain. Tesis ini memaparkan karya-karya seni yang merupakan bentuk ekspresi dari pengalaman hidup pelaku seni. Para pelaku kemudian menyelaraskan pengalaman-pengalaman yang terdapat dalam setiap masa di kehidupan dengan apa yang dialami pada saat ini. Keselarasan tersebut kemudian menjadi bekal pelaku seni untuk berkreativitas. Proses kreatif yang dilakukan di kampus dan di luar kampus membuat mahasiswa seni sebagai pelaku seni berusaha untuk menemukan ruang berekspresi demi memenuhi kebutuhan akan otonomi diri. Jadi, dalam konteks mahasiswa seni ini, kreativitas bisa hadir ketika individu mampu menyelaraskan pengalaman-pengalamannya dan berinkorporasi dengan masyarakat sosialnya.

ABSTRACT
Discussions about the arts have always been placed on the side of freedom or without the existence of bureaucratic rules. In addition to freedom, individuality are also seen as the only source of the existence of the art work. Based on the results of research in Jakarta Art Campus conducted by ethnography method for approximately 3 months, the creativity of art students as the artists no longer only appear on campus only and also in the creative process individuals always relate to the others. This thesis explains the art work which is a form of expression from the artist rsquo s life experience.The experiences that exist in each lifetime are harmonized with what is experienced today. The harmonization of experience is a provision of creativity of the artist. The creative process undertaken on campus and outside of the campus makes art students as artists trying to find a space of expression to fulfill the need for self aoutonomy. Thus, in the context of this art student, creativity can be present when the individual is able to harmonize her experiences and incorporate with her social community.

 File Digital: 1

Shelf
 T50011-Futri Eka Maghpirah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T50011
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 125 pages: illustration; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T50011 15-19-977379368 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20475783
Cover