UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi pengembangan inventori suku cadang pesawat udara berbasis risiko dengan indikator kinerja utama sebagai ukuran keberhasilan = Development of an effective inventory management based on risk with key performance indicator as a success measure / Ira Debora Parhusip

Parhusip, Ira Debora; Leni Sagita Riantini, supervisor; Yusuf Latief, examiner; Eddy Subiyanto, examiner; Ayomi Dita Rarasati, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Efektivitas pengelolaan MRO Penyedia Jasa Pemeliharaan dan Perbaikan pada persediaan suku cadang pesawat terbang memainkan peran penting karena menentukan besarnya investasi suku cadang dan keberhasilan MRO dalam memberi dukungan operasional kepada operator. Keefektifan pengelolaan persediaan dapat diukur melalui pengukuran kinerja. Sistem pengukuran kinerja yang baik dapat memberi inputan yang berharga kepada para pengambil keputusan agar dapat memberi keputusan terbaik dalam menimalisir ketidaktepatan waktu dan pembatalan keberangkatan serta mengoptimasi keuntungan MRO. Tanpa ukuran kinerja yang benar dan efektif, sulit mengetahui apakah MRO sudah memenuhi persyaratan dan kebutuhan konsumen, serta untuk mengetahui apakah ada peningkatan kinerja di MRO tersebut.Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan indikator kinerja utama IKU berbasis risiko yang dapat digunakan oleh pengambilan keputusan yang tepat. Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah studi literatur dan analisa arsip internal MRO. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah terbentuknya model pengukuran kinerja dengan indikator kinerja utama yang tepat untuk meningkatkan kinerja ketersediaan dan biaya penyediaan persediaan suku cadang untuk mendukung operasional pesawat udara.

ABSTRACT
MRO Maintenance Repair Organization as maintenance provider needs to prepare effective spare parts inventory strategy to provide the highest possible level of service at the lowest total cost. Effectivity of spare part inventory can be defined by performance measurement. Performance measurements or metrics are that which measure a company rsquo s performance and behavior, and are used to help MRO achieve and maintain success. Without the use of performance metrics, it is difficult to know whether or not inventory process is meeting requirements or making desired improvements. Delphi method and surveys are conducted in this research to develop Key Performance Indicator KPI which combined as framework to help strategical, tactical and operational decision making. This framework proposed to improve availability and cost effective performance of MRO 39 s inventory process.

 File Digital: 1

Shelf
 T51660-Ira Debora Parhusip.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T51660
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xix, 305 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T51660 15-19-777977371 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20476067
Cover