UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Intervensi coaching dukungan atasan untuk meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen afektif serta menurunkan intensi mengundurkan diri pada guru = Intervention of coaching supervisor support for improving job satisfaction and affective commitment and reducing turnover intention of teachers

Galih Kartika; Purba, Debora Eflina, supervisor; Endang Parahyanti, examiner; Arum Etikariena, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komitmen afektif sebagai mediator pada hubungan antara kepuasan kerja dan intensi mengundurkan diri pada guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di sekolah internasional XYZ yang berjumlah 80 orang dengan sampel seluruh populasi. Metode pengambilan data dengan metode survei menggunakan instrumen penelitian job description index, affective commitment organization questionaire, dan turnover intention scale.
Hasil analisis menunjukkan bahwa komitmen afektif berperan sebagai mediasi penuh pada hubungan antara kepuasan kerja dan intensi mengundurkan diri guru. Bentuk intervensi dalam penelitian ini menggunakan individual coaching pada lini atasan dengan model GROW, untuk meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen afektif yang akan menurunkan intensi mengundurkan diri pada guru. Intervensi coaching signifikan meningkatkan kepuasan kerja pada guru, dengan hasil uji signifikansi peningkatan nilai mean post test (t = -10,702 dengan p<0,001). Dapat disimpulkan bahwa dukungan atasan sebagai aspek kepuasan kerja dapat meningkatkan kepuasan kerja yang akan berdampak pada peningkatan komitmen afektif pada guru.

This study aims to investigate the mediating effect of affective commitment on the relationship between job satisfaction and turnover intention in international school teachers. Data was collected through questionnaire from 80 teachers in XYZ international school. In this study used job description index scale, affective commitment organization questionaire, and turnover intention scale.
Analysis result indicated that affective commitment fully mediates the relationship between job satisfaction and turnover intention. Intervention in this study has used individual of coaching supervisor support with GROW model for improving job satisfaction; this will apparently reducing turnover intention of the teachers and engender affective commitment. Coaching intervention found increased job satisfaction of teachers, with significance test in mean post test (t = -10.702, p <0.001). It can be concluded that supervisor support as a aspect of job satisfaction will increase job satisfaction which will impact on affective commitment to teachers.

 File Digital: 1

Shelf
 T51255-Galih Kartika.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T51255
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 83 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T51255 15-19-868900141 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20476082
Cover