UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Rusia dan eurasian economic union dalam perspektif konstruktifisme = Russia and eurasian economic union in constructivism / Joarn Viko Momongan

Joarn Viko Momongan; Henny Saptatia Drajati Nugrahani, supervisor; Hutabarat, Leonard F., supervisor; Krisnadi Yuliawan, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis hubungan Rusia dan Eurasian Economic Union dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme. Teori yang digunakan adalah Regional Security Complex, sebagai instrumen untuk menganalisis penelitian ini. Teori RSC melihat suatu kerjasama kawasan dari dua variabel yaitu variabel internal yang menekankan pada kedekatan geografis negara-negara di kawasan yang membentuk pola interdependensi keamanan. Variabel ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor sejarah dan budaya. Variabel berikutnya adalah kekuatan dari luar yang mendorong suatu kawasan membentuk Regional Security Complex. Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara Rusia dengan Armenia, Belarus, Kazakhstan dan Kirgistan dalam kerangka kerjasama Eurasian Economic Union EAEU . Tujuan berikutnya adalah untuk memahami forum kerjasama EAEU dalam kepentingan nasional Rusia dan bagaimana EAEU memberi dampak bagi negara-negara anggota lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif-eksplanatif. Jenis penelitian dalam tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Temuan dari penelitian ini adalah peran dan pengaruh Rusia di kawasan Eurasia masih sangat besar, namun kehadiran Uni Eropa lewat kebijakan Eastern Partnershipnya menjadi ancaman bari Rusia. Hal ini mendorong Rusia untuk mempercepat pembentukan EAEU. Faktor yang sangat berpengaruh dalam integrasi Eurasia adalah kesamaan identitas yang dipengaruhi oleh faktor sejarah dan budaya Rusia yang melekat di negara-negara anggota. Temuan berikutnya adalah efektifitas EAEU pasca terbentuknya masih belum memberi dampak yang signifikan kepada negara anggota khususnya dalam bidang ekonomi. Dibutuhkan compliance negara-negara anggota untuk keberhasilan integrasi Eurasia melalui EAEU.

ABSTRACT
This study analyzes the relations between Russia and Eurasian Economic Union using Constructivism as the perspective. This study also used Regional Security Complex Theory RSCT as an analytical instrument to understand the security interdependence in the region. RSCT has two variables to analyze a regional cooperation which is internal and external variables. The internal variables emphasize the geographical proximity of the countries in the region that form the pattern of interdependence of security. This variables influence by two factors, namely historical and cultural factors. The next variables is the external forces that drive a region to form a Regional Security Complex. The aim of this research is to know the relationship between Russia with another membership countries of the EAEU. The other goal is to understand the EAEU cooperation forum in Russia rsquo s national interest and how EAEU impacts other member states. The method used in this research is descriptive explanative. The type of research in this thesis using a qualitative approach. This research argue that the role and the influence of Russia has a significant impact in the Eurasian region. This researh also find that Russia as an identity has a major influence in Eurasian integration. Finally, this research find that the compliance of the member states of the EAEU need to improve for the successful integration of Eurasia.

 File Digital: 1

Shelf
 T51407-Joarn Viko Momongan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T51407
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 110 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T51407 15-20-077286702 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20476367
Cover