ABSTRAKPerkembangan teknologi yang ditandai dengan di mulainya era digital dan maraknya e-book dibandingkan buku fisik menjadi tantangan tersendiri bagi usaha penerbitan. Persaingan dalam bisnis penerbitan semakin kompetitif, perusahaan yang berada dalam industri ini harus berusaha untuk meningkatkan daya saing yang dimilikinya agar dapat tetap eksis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal PT Salemba Emban Patria dan menganalisis strategi bersaing yang dilakukan oleh PT Salemba Emban Patria agar mampu eksis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengumpulan data sekunder. Hasil dari penelitian ini, PT Salemba Emban Patria memiliki kekuatan internal, yang meliputi proses produksi, pemasaran dan penjualan, pelayanan purna jual, infrastruktur yang memadai, manajemen sumber daya manusia, pengembangan teknologi, dan pengadaan persediaan, sedangkan yang menjadi kelemahannya adalah dalam proses distribusi produk. Sementara itu, dari kondisi eksternal terdapat beberapa ancaman yang dihadapi oleh perusahaan diantaranya adalah penurunan daya beli, fluktuasi nilai tukar rupiah, pembajakan, dan minat beli, sedangkan peluang yang dihadapi adalah perkembangan e-commerce, sehingga berdasarkan analisis SWOT maka strategi yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya adalah memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara melakukan diversifikasi produk dan pasar.
ABSTRACTTechnological developments marked by the beginning of the digital age and the rise of e books compared to physical books are a challenge for publishing businesses. Competition in the publishing business is increasingly competitive, companies in this industry must strive to improve their competitiveness in order to exist. This study aims to analyze the internal and external environment of PT Salemba Emban Patria and analyze the competitive strategies undertaken by PT Salemba Emban Patria to be able to exist. The research method used in this research is qualitative research, namely primary data obtained through in depth interview and secondary data collection. The results of this research, PT Salemba Emban Patria has internal strength, which includes the process of production, marketing and sales, after sales service, adequate infrastructure, human resources management, technology development, and procurement, while the disadvantage is in the distribution process product. Meanwhile, from external conditions there are some threats faced by companies such as decreasing purchasing power, fluctuation of rupiah exchange rate, hijacking, and buying interest, while the opportunities faced is the development of e commerce, so based on SWOT analysis then the strategy that can be done company to improve its competitiveness is to take advantage of long term opportunities by diversifying products and markets.