UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Implikasi competitive blindspot pada bidang bisnis pinjaman tanpa agunan: Studi kasus Bank Asing di Indonesia = The competitive blind spots implication to unsecured lending business: Case study of a foreign Bank in Indonesia

Ratna Mutiarani; Alberto Daniel Hanani, supervisor; Sisdjiatmo Kusumosuwidho Widhaningrat, examiner; Avanti Fontana, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Penelitian ini menyajikan studi kasus dari industry perbankan yang terjadi di salah satu perusahaan multinasional di Indonesia yang mengalami penurunan pendapatan dalam 5 (lima) tahun terakhir dalam bisnis konsumen. Walaupun di tahun-tahun sebelumnya, perusahaan tersebut telah memperoleh 20% (dua puluh persen) pangsa pasar produk pinjaman tanpa agunan, ABC Bank adalah pemain kunci dari penerbit produk kredit tanpa agunan di pasar Indonesia. Namun, selama 2013-2017, terdapat produk pengganti pinjaman tanpa agunan yang tidak hanya berasal dari bank tradisional tetapi juga perusahaan Financial Technology. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk menguraikan pentingnya analisis kompetitif untuk meminimalkan competitive blindspot dengan menyoroti kelemahan dalam analisis kompetitif untuk digunakan lebih lanjut sebagai studi kasus pengajaran untuk bagaimana bertindak dalam pasar yang kompetitif dengan pemahaman praktis dan akademis.

This research presents a case study of a multinational traditional banking in Indonesia which experiencing a decline in revenue in the past 5 (five) years in consumer business. Being formerly acquiring 20% (twenty percent) of unsecured lending products market share in previous years, ABC Bank was a key player of unsecured lending loan product issuer in Indonesia market. However, during 2013-2017, there were substitute products of unsecured lending product that was not only coming from traditional banks but also financial technology companies. Hence, this paper uses case study method to elaborate on the importance of competitive analysis to minimize competitive blind spot with the highlights of flaws in competitive analysis to be further used as teaching case study to act in competitive market with the insights from practical and academic perspective.

 File Digital: 1

Shelf
 T50701-Ratna Mutiarani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T50701
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 136 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T50701 15-20-194359345 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20477315
Cover