ABSTRAKKegiatan praktik kerja profesi di Puskesmas Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan dilakukan agar calon apoteker mampu memahami peran, tugas dan tanggung jawab apoteker di puskesmas; memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap perilaku, wawasan dan pengalaman nyata untuk melakukan praktik kefarmasian; memiliki gambaran nyata mengenai permasalahan serta mempelajari strategi yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan praktik kefarmasian; dan mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan tenaga kesehatan lain di puskesmas. Selain itu, calon apoteker diharapkan untuk memahami struktur serta jenis pelayanan kefarmasian di puskesmas. Dalam memberikan pelayanan kefarmasian di puskesmas, apoteker diharapkan dapat berinteraksi dengan baik oleh pasien. Hal ini juga diutarakan pada salah satu standar pelayanan kefarmasian, yaitu pelayanan informasi obat. Oleh karena itu, pada tugas khusus dilaksanakan kegiatan penyuluhan menggunakan leaflet sebagai realisasi dari pelayanan informasi obat.
ABSTRACTPharmacist professional practice at Setiabudi District Primary Health Center South Jakarta was conducted for prospective pharmacist to understand the roles, duties and responsibilities of a pharmacist in a primary health center; obtain knowledge, skills, professionalism, insights and experiences to perform pharmacy practice; to have real conception of problems and study the strategies to overcome in overall pharmacy practice development; and to communicate also to interact with other health professionals in the primary health center. Prospective pharmacist also expected to gain communication skills to patients. This matter also regulated in the pharmaceutical care standard, which is medicine information service. Thus, special assignment was carried to conduct health education using leaflets as a realization of medicine information service.