UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Praktik kerja profesi di apotek kimia farma no.375 periode bulan april tahun 2018 = Internship at kimia farma 375 pharmacy april 2018 period

Aditya Sindu Sakti; ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Apotek memiliki fungsi sebagai tempat pengabdian profesi seorang apoteker yang telah mengucapkan sumpah jabatan, sarana farmasi untuk melaksanakan peracikan, pengubahan bentuk, pencampuran dan penyerahan obat atau bahan obat, dan sarana penyaluran perbekalan farmasi dalam menyebarkan obat ndash; obatan yang diperlukan masyarakat secara luas dan merata. Di Indonesia kegiatan asuhan kefarmasian diimplementasikan salah satunya dalam standar pelayanan kefarmasian di Apotek. Tujuan dari kegiatan praktik kerja profesi ini adalah untuk mengetahui dan memahami tugas, fungsi, peranan, dan tanggung jawab Apoteker di apotek, sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian di apotek yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan. Praktik Kerja Profesi Apoteker dilaksanakan di Apotek Kimia Farma No. 375, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 minggu mulai dari tanggal 4 hingga 30 April 2018. Berdasarkan observasi yang dilakuakn tugas, fungsi, peranan, dan tanggung jawab apoteker di Apotek Kimia Farma No. 375, secara keseluruhan sudah sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian di Apotek yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan. Permasalahan-permasalahan yang ada terkait dengan pelayanan kefarmasian di Apotek yang dijumpai antara lain: belum optimalnya kegiatan perencanaan dan pengadaan obat-obatan BPJS dimana masing sering terjadi kekosongan stok obat-obat BPJS yang disebabkan oleh penolakan dari pihak supplier, penyimpanan obat-obatan juga kurang optimal karena masih ditemukan kerusakan obat, belum ada kegiatan pelaporan terhadap kegiatan MESO yang dilakukan.

ABSTRACT
Pharmacies have a function as a place of professional devotion of pharmacist, is a facility to carry out compounding, deforming, mixing and dispensing drugs or medicinal materials, and pharmaceutical distribution facilities in distributing medicines that are needed by society. In Indonesia one of pharmaceutical care activities are implemented at pharmacy. The purpose of this internship program is to understand the functions, roles, and responsibilities of pharmacists in pharmacies, in accordance to pharmacy service standards at pharmacies that listed in the regulation. The internship program was held in Kimia Farma Phramacy 375, Pancoran Mas, Depok, West Java. This program was held for 4 weeks starting from 4th until 30th April 2018. Based on the observations, the function, role, and responsibility of pharmacist at Kimia Farma Pharmacy 375, overall is in accordance with pharmacy service standards at pharmacies that listed in the regulations. Existing problems related to pharmacy services in Pharmacy encountered include: unoptimal planning and procurement of BPJS medication, that implicated on empty stock of BPJS medicines. This problem caused by the rejection of the suppliers. The drug storage management is also unoptimal because still found drugs are broken, there has been no reporting of drug side effects.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Aditya Sindu Sakti2.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 47 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-Pdf 16-19-305340445 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20478353
Cover