UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

With folded hands: unraveling the practice of biopolitics in handmaid`s tale = Dengan tangan terlipat: menguraikan praktik biopolitik di handmaid`s tale

Muhammad Yanuar Farhanditya; Melani Budianta, supervisor ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Handmaid rsquo;s Tale 2017 adalah adaptasi serial dari novel 1985 dengan nama yang sama karya Margaret Atwood yang mengikuti kehidupan seorang Handmaid - seorang pembawa anak yang diritualkan - di Amerika Serikat pasca-kudeta teokratis yang telah mengganti namanya menjadi Republik Gilead . Serial ini mengeksplorasi kehidupan yang keras di bawah rezim tersebut melalui sudut pandang Offred, seorang Handmaid yang baru-baru ini direkrut paksa. Serial ini bisa dilihat sebagai kritik terhadap struktur kekuasaan yang beroperasi di bawah kerja biopolitik. Literatur mengenai novel-novel Atwood sudah berlimpah Brackins, 2014; Jacob, 2015 , terutama yang berurusan dengan feminisme dan keibuan. Namun, serial ini belum pernah dibahas, khususnya dalam kaitannya dengan biopolitik. Dengan memanfaatkan Pendekatan Althusser tentang aparatur negara dan pemikiran Foucault tentang biopower, artikel ini bertujuan untuk menemukan penindasan yang dilakukan oleh aktor negara maupun non-negara serta saling keterlibatan yang kemudian dihasilkan dan ketahanan dari subjeknya. Dengan menganalisis struktur naratif dari elemen visual dan audio dari musim pertama serial ini 2017 , makalah ini mengkaji implikasi biopolitik dalam tingkat sistemik maupun individu, khususnya melalui sudut pandang perempuan-perempuan yang terpinggirkan. Makalah ini mencerminkan bagaimana serial ini berhubungan dengan konteks sosio-politik Amerika Serikat abad 21.

ABSTRACT
Handmaid rsquo;s Tale 2017 is a serial adaptation of the 1985 novel of the same name by Margaret Atwood which follows the life of a handmaid ndash; a ritualized child bearer ndash; in a post-coup theocratic United States of America USA which renamed itself ldquo;Republic of Gilead rdquo;. This series explores the harsh life under the regime through the viewpoint of Offred, a recently indicted handmaid. This series could be seen as a critique of power structure operating underneath the working of biopolitics. Scholarship on Atwood rsquo;s novel are abound Brackins, 2014; Jacob, 2015 , especially dealing with feminism and motherhood. However, the series has not been discussed, in particular in relations to biopolitics. By utilising Althusser rsquo;s approach on state apparatuses and Foucault rsquo;s thought on biopower, this article aims to discover the repression perpetrated by both state and non-state actors along with the resulting complicity and resistance of the subjects. By analysing the narrative structure of the series visual and audio elements of the first season 2017 , this paper examines the implications of biopolitics in both systemic and individual level, specifically through the viewpoint marginalized women. The paper reflects how the series relate to the socio-political context of 21st century USA.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Muhammad Yanuar Farhanditya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 21 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 10-18-629832365 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20478961
Cover