UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Fengshui dan keselarasan hunian tinggal: kajian hunian tinggal di Jambi = Fengshui and harmony: a case study of a house in Jambi

Ardea Jesica; Rahadjeng Pulungsari Hadi, supervisor ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Rumah adalah sebuah bangunan tempat tinggal bagi manusia. Banyak cara untuk membuat sebuah rumah menjadi ideal, salah satunya dengan menggunakan konsep-konsep fengshui. Salah satu hunian tinggal yang menerapkan konsep fengshui adalah sebuah hunian tinggal yang berlokasi di Jambi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan di antara konsep-konsep fengshui, yaitu Qi, Yin Yang, dan WuXing dalam membentuk fengshui dan bagaimana penerapan konsep tersebut ke dalam sebuah hunian tinggal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah informasi tentang Fengshui dalam kebudayaan Cina yang diterapkan oleh etnis Cina di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan dan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa lokasi, lingkungan, bentuk, dan interior pada obyek yang diteliti diterapkan konsep-konsep fengshui. Namun, ada juga beberapa konsep fengshui yang tidak diterapkan.Rumah adalah sebuah bangunan tempat tinggal bagi manusia. Banyak cara untuk membuat sebuah rumah menjadi ideal, salah satunya dengan menggunakan konsep-konsep fengshui. Salah satu hunian tinggal yang menerapkan konsep fengshui adalah sebuah hunian tinggal yang berlokasi di Jambi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan di antara konsep-konsep fengshui, yaitu Qi, Yin Yang, dan WuXing dalam membentuk fengshui dan bagaimana penerapan konsep tersebut ke dalam sebuah hunian tinggal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah informasi tentang Fengshui dalam kebudayaan Cina yang diterapkan oleh etnis Cina di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan dan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa lokasi, lingkungan, bentuk, dan interior pada obyek yang diteliti diterapkan konsep-konsep fengshui. Namun, ada juga beberapa konsep fengshui yang tidak diterapkan.

ABSTRACT
A house is a building for human habitation. There are many ways to make an ideal home, one of which is employing the concepts of fengshui. A house that applies the concept of fengshui on the interior and esterior is a house that located in Jambi. The problem in this research is how the relationship between fengshui concepts, Qi, Yin Yang, and WuXing in forming fengshui and how the application of the concept into a residence. This study aims to add information about Fengshui in Chinese culture applied by ethnic Chinese in Indonesia. The research method used is literature and field.. The research results known that the location, environment, shape, and interior on the object under study applied fengshui concepts. However, there are also some fengshui concepts that are not applied.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Ardea Jesica.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 28 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 10-18-212479533 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20479088
Cover