Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Industri batik Kenongo di Madiun: eksplorasi dalam pembelajaran sejarah melalui Discovery Learning / Laili Masithoh Hamdiyah, Nunuk Suryani, Akhmad Arif Musadad

Laili Masithoh Hamdiyah; Nunuk Suryani; Akhmad Arif Musadad (Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta, 2017)

 Abstrak

ABSTRACT
Artikel ini didasarkan pada hasil penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan model discovery learning dalam proses pembelajaran untuk mengeksplorasi materi sejarah lokal tentang industri Batik Kenongo di Madiun. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa sejarh industri Batik Kenongo merupakan bagian dari sejarah lokal yang harus dieksplorasi dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan salah satu model pembelajaran yakni discovery learning. Selain untuk memperkenalkan Batik Kenongo pada siswa (khususnya di Madiun), eksplorasi juga bisa meningkatkan kecintaan mereka terhadap kebudayaan lokal. Hal ini terlihat saat ada siswa melakukan penelitian di Desa Kenongorejo, Kabupaten Madiun yang merupakan tempat industri batik tersebut. Eksplorasi sejarah industri Batik Kenongo dalam pembelajaran sejarah melalui model discovery learning mampu membangkitkan antusiasme siwa terhadap informasi kesejarahan dari Batik Kenongo. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa model discovery learning mampu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengkonstruksi pemahaman sejarah mereka terhadap Sejarah Industri Batik Kenongo di Madiun.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 959 PATRA 18:2 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Yogyakarta: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14115239
Majalah/Jurnal : Patrawidya
Volume : Vol. 18, No. 2, Agustus 2017: hal. 189-202
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
959 PATRA 18:2 (2017) 03-18-196272913 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20479777
Cover