ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari perilaku berbagi pengetahuan
terhadap perilaku kerja inovatif pada karyawan di PT XYZ dengan pemberian intervensi
pelatihan Sharing is Gaining. Fokus penelitian tersebut dipilih mengingat inovasi menjadi
salah satu nilai utama yang ditekankan oleh PT XYZ kepada karyawannya dan secara
teoretis dapat ditingkatkan melalui perilaku berbagi pengetahuan. Penelitian ini
menggunakan kuesioner perilaku berbagi pengetahuan yang diadaptasi dari Van Den
Hoff dan De Ridder, serta kuesioner perilaku kerja inovatif dari Janssen yang telah
diadaptasi oleh Etikariena dan Muluk. Hasil analisis data menggunakan 74 data kuesioner
dan diolah menggunakan teknik analisis simple regression dari SPSS. Hasil tersebut
menunjukkan adanya pengaruh sebesar 63.6% dari perilaku berbagi pengetahuan
terhadap perilaku kerja inovatif (r = .798, p < .05). Peneliti kemudian menjadikan hasil
tersebut sebagai acuan dalam membuat program intervensi pelatihan Sharing is Gaining
pada karyawan di PT XYZ. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan
pemahaman dan nilai rata-rata perilaku berbagi pengetahuan pada karyawan di PT XYZ
antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa
intervensi yang diberikan oleh peneliti mampu untuk meningkatkan pemahaman dan
perilaku berbagi pengetahuan karyawan di PT XYZ dalam pekerjaannya sehari-hari.
ABSTRACTThis study aims to examine the effect of knowledge sharing behavior on innovative work
behavior on employees at PT XYZ by providing Sharing is Gaining training intervention.
The focus of this study was chosen considering that innovation is one of the main values
emphasized by PT XYZ and theoretically can be improved through knowledge sharing
behavior. This study used a knowledge sharing behavior questionnaire adapted from Van
Den Hoff and De Ridder, as well as innovative work behavior questionnaire from Jansen
that had been adapted by Etikariena and Muluk. The results of data analysis derived from
74 questionnaires and processed using simple regression analysis technique from SPSS.
The results indicate a significant influence of 63.6% from knowledge sharing behavior
on innovative work behavior (r = .798, p <.05). This results then used as a reference in
creating Sharing is Gaining training intervention for employees at PT XYZ. The
evaluation results show that there are improvements in the comprehension of knowledge
sharing behavior, and an increase of average score of knowledge sharing behavior among
employees at PT XYZ before and after training. These results indicate that the
intervention is able to increase the understanding and knowledge sharing behavior of
employees at PT XYZ in their daily work.!