UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Studi film a dangerous method dengan menggunakan feminisme psikoanalisis Karen Horney = A dangerous method film study by using Karen Horney s psycoanalysis feminism

Dian May Fitri; Mamoto, Retno Sukardan, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Psikoanalisis adalah istilah yang digunakan dalam studi mengenai fungsi dan perilaku psikologis manusia. Awalnya studi ini diperkenalkan oleh seorang dokter Austria bernama Sigmund Freud pada tahun 1896. Freud dengan teorinya mengenai penis envy telah memberikan kerangka yang kurang menguntungkan bagi kaum perempuan. Teori ini mengklaim bahwa tubuh perempuan dilemahkan oleh tidak adanya organ penis. Oleh karena itu, kepercayaan publik terbentuk dengan paradigma bahwa maskulinitas lebih baik daripada feminitas. Selain itu, hal ini juga mempengaruhi masalah psikologis pada perempuan, terutama masalah neurosis yang sangat dipengaruhi oleh dominasi budaya patriarkal ketika perempuan berada dalam tahap awal perkembangannya. Menurut Freud, gangguan psikologis pada perempuan umumnya disebabkan oleh penentuan biologis yang berkaitan dengan masalah seksual. Pernyataan tersebut menekankan bahwa inferioritas perempuan diwakili oleh ketiadaan penis pada tubuh. Film ini dipilih sebagai korpus penelitian untuk menunjukkan penerapan teori feminisme psikoanalisis Karen Horney sebagai kritik terhadap teori psikoanalisis Sigmund Freud. Selanjutnya, analisis film A Dangerous Method ini akan dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui analisis pada beberapa adegan dan dialog. Analisis juga akan dikembangkan melalui eksplorasi representasi karakter-karakter dalam film ini dengan teori feminisme psikoanalisis yang dikemukakan oleh Karen Horney.
ABSTRACT
Psychoanalysis is a term used as a study of human psychological functions and behaviors which was initially introduced by an Austrian doctor named Sigmund Freud in 1896. Freud with his theory of penis envy has given less favorable frames for women. The theory claims that the female body is weakened by the absence of a penis; hence, that public trust is formed with the paradigm that masculinity is better than femininity. Furthermore, this affects psychological problems in women, especially neurosis problems that are strongly influenced by the dominance of patriarchal culture when women are in their infancy. According to Freud, women s psychological disorders are generally caused by biological determination related to sexual problems. The statement stressed out that women s inferiority is represented by penile absence in the body. The film A Dangerous Method was chosen as the corpus of research to demonstrate the application of Karen Horney s psychoanalysis feminism theory as a criticism of Sigmund Freud s psychoanalytic theory. Moreover, the analysis of this film will be done by using qualitative descriptive methods through analysis on means of scenes and dialogues. The analysis also will be carried out through exploring representation of characters in the film with particular theories put forward by Karen Horney.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Dian May Fitri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 14 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-19-416505292 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20481277
Cover