UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran kemampuan dan intervensi news media literacy terhadap persepsi bias dalam media pada mahasiswa = The role of news media literacy skill and intervention in perceived media bias on college students

Eno Khairunnisa; Dianti Endang Kusumawardhani, supervisor; Turnip, Sherly Saragih, examiner; Erita Narhetali, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Bias dalam media sudah menjadi fenomena yang wajar dewasa ini. Masyarakat perlu keterampilan agar bisa lebih kritis dan objektif dalam mengevaluasi konten media dan mempersepsi bias khususnya yang ada dalam pemberitaan, salah satu caranya adalah dengan intervensi news media literacy (NML). Individu dengan literasi media berita yang tinggi dapat mempersepsi bias dalam media lebih baik dibandingkan yang literasinya rendah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat perbedaan kemampuan persepsi bias dalam media pada mahasiswa dengan kemampuan news media literacy tinggi dan rendah, sebelum dan sesudah diberikan intervensi news media literacy. Peneliti melakukan studi kuasi eksperimental, pretest-posttest design pada 68 mahasiswa Universitas Indonesia. Hasil analisis gained score menunjukkan tidak ada perbedaan peningkatan skor persepsi bias yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian intervensi pada kedua kelompok tersebut. Hal ini disebabkan oleh beberapa keterbatasan penelitian diantaranya karakteristik sampel dan instrumen penelitian.

Bias in the media has become a natural phenomenon today. Society needs skills to be more critical and objective in evaluating media content and perceiving bias in particular in the news, one way is by intervening in news media literacy (NML). Individuals with high news media literacy can perceive bias in the media better than those with low literacy. This research was conducted to see differences in the ability of perception bias in the media in students with high and low news media literacy abilities, before and after news media literacy interventions were given. Researchers conducted a quasi-experimental, pretest-posttest design study on 68 University of Indonesia students. The obtained score analysis results showed that there was no significant difference in the increase in the perception score of bias before and after the intervention in the two groups. This is caused by several limitations of the study including the characteristics of the sample and research instruments.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Eno Khairunnisa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 73 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-086661376 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20481572
Cover