Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran
self control sebagai mediator hubungan antara
self esteem dan adiksi
game online. Adiksi
game online merupakan fenomena yang banyak dijumpai beberapa tahun terakhir. Terlebih lagi g
ame online merupakan salah satu aktivitas hiburan yang paling populer di dunia dalam mengisi waktu luang. Karakteristik psikologis individu akan mempengaruhi seseorang untuk menggunakan
game online secara berlebih
. Self esteem merupakan salah satu prediktor terjadinya adiksi
game online. Individu dengan
self esteem yang rendah akan membuatnya mengakses
game online secara terus menerus. Hal tersebut menunjukkan bahwa
self control yang rendah juga dialami oleh individu tersebut. Peneliti menduga bahwa
self control menjadi mediator hubungan antara
self esteem dan adiks
game online. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pada 230 pemain
game online yang didapatkan melalui teknik
accidental sampling. Peneliti menggunakan alat ukur IPAT (
Internet Process Addiction Test), RSES (
Rosenberg Self Esteem Scale), dan BSCS (
Brief Self Control Scale) untuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa
self control ternyata mampu memediasi secara keseluruhan (
full mediation) hubungan antara
self esteem dan adiksi
game online.
The aim of the study is to examine self control as a mediator between self esteem and game online addiction among game online players. Game online addiction becomes more likely to be found on several years. Moreover, online games are one of the most popular leisure activity in the worl. Individual psychological characteristics will influence someone to use the game online excessively. Self-esteem is one of the predictors of online game addiction. Low self esteem will increase the possibility of their online activity. This also means that self control among game online players are low. This study assumes that self control have a role as mediator between the self esteem and symptoms of game online addiction. This study is a quantitative reseach for 230 game online players based on accidental sampling method. Instruments used in this study are IPAT (Internet Process Addiction Test), RSES (Rosenberg Self Esteem Scale), dan BSCS (Brief Self Control Scale) for collecting datas. This study shows that self control has a role to mediate the relation between self esteem and online game addiction. The role of self control in this study known as full mediation between self esteem and game online addiction among game online players.