Artikel Jurnal :: Back

Artikel Jurnal :: Back

Membangun kepercayaan diri siswa pada konsep asam basa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing / R. Ahmad Zaky El Islami, Anna Permanasari, Anna Permanasari

R. Ahmad Zaky El Islami; Nahadi; Anna Permanasari (Pusat Pendidikan Sains, UIN Syarif Hidayatullah, 2015)

 Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 24 Kabupaten Tangerang pada bulan Januari-Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, subyek dalam penelitian ini terdiri dari 77 siswa, dibagi menjadi 2 kelompok: yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes kepercayaan diri dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kepercayaan diri siswa untuk kelompok eksperimen (rata-rata = 54,49 dan simpangan baku = 18,67) lebih rendah daripada kelompok kontrol (rata-rata = 57,63 dan simpangan baku sebesar 14,37). Setelah dilakukan uji Mann-Whitney (pada taraf signifikansi 95%) diperoleh nilai α sebesar 0,293 > 0,05. Maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kepercayan diri siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

 Metadata

Collection Type : Artikel Jurnal
Call Number : 370 EDU 7:1 (2015)
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Subject :
Publishing : Jakarta: Pusat Pendidikan Sains, UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Cataloguing Source : LibUI ind rda
ISSN : 19797281
Magazine/Journal : EDUSAINS
Volume : Vol. 7, No. 1, Juni 2015: Hal. 48-56
Content Type : text
Media Type : unmediated
Carrier Type : volume
Electronic Access :
Holding Company : Universitas Indonesia
Location : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
370 EDU 7:1 (2015) 03-19-509496328 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20482355
Cover