Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengaruh model inkuiri ilmiah dan inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa SMP pada materi kalor dalam kehidupan / Khairani Muslim, Fransisca Sudargo Tapilouw

Khairani Muslim; (Pusat Pendidikan Sains, UIN Syarif Hidayatullah, 2015)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menguasai konsep IPA melalui proses penemuan langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model inkuiri ilmiah terhadap peningkatan Keterampilan Proses Sains siswa (KPS). Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan model pretest and postest control group design. Penelitian dilakukan di salah satu SMP di Kota Padang di kelas VII. Proses pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Pembelajaran dikolaborasikan dengan tipe pembelajaran connected yang menggabungkan konsep belajar Fisika, Kimia dan Biologi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal esai, kuesioner, lembar observasi KPS, dan format wawancara. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji rata perbedaan (sampel independen t-test atau Mann-Whitney) dengan bantuan software SPSS 16 for Windows dan Microsoft Excel 2007. Berdasarkan hasil perbedaan rerata N gain siswa pada model pembelajaran inkuiri ilmiah dan inkuiri pada kemampuan KPS siswa memperoleh hasil sig uji (dua tailed) 0.386 ≥ (α) 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inkuiri ilmiah dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 370 EDU 7:1 (2015)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Pusat Pendidikan Sains, UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 19797281
Majalah/Jurnal : EDUSAINS
Volume : Vol. 7, No. 1, Juni 2015: Hal. 88-96
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 EDU 7:1 (2015) 03-19-877518372 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20482421
Cover