UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Intensi Annie M. G. Schmidt dalam membela kucing pada Novel Minoes (1970) = The Intention of Annie M. G. Schmidt in cats defending in the book Minoes (1970)

Chairunisa Ramadaniati; Indira Ismail, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Jurnal ini membahas tentang intensi Annie M. G. Schmidt dalam membela kucing pada novelnya Minoes (1970). Novel anak ini merupakan salah satu karyanya yang terkenal dan telah dialihbahasakan, termasuk ke dalam Bahasa Indonesia. Penelitian ini beertujuan untuk menemukan intensi dan tujuan lain dari Schmidt dalam membela kucing. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik serta mengaitkannya dengan keadaan kucing pada tahun 1940-1944 melalui artikel online.Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian adalah teori penokohan oleh Nurgiyantoro dan Joke Van Balen dan teori representasi mengenai objek karya sastra milik James O. Young. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Minoes tidak hanya sekadar novel anak biasa karena Schmidt memiliki intensi dan tujuan lain atas novel ini, yaitu membela kucing dan kritik sosial atas suatu organisasi pecinta kucing.

ABSTRACT
This journal aims to describe the writer s intention about cats defending in the book Minoes by Annie M. G. Schmidt. This book is one of her most popular children books which has been translated into many languages including Bahasa Indonesia. This research is carried out by analyzing intrinsic and extrinsic elements, also linking them to the condition of cats around 1940-1944 through online articles. The theories in this journal are characterization theory by Nurgiyantoro and Joke Van Balen, and the representative theory from James O. Young. From this research, it can be concluded that Minoes is not an ordinary children s novel since Schmidt has other intentions and goals for this novel, namely defending cats and standing social criticism towards an organization of cat lovers.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Chairunisa Ramadaniati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 24 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-19-957099698 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20482443
Cover