UI - Tesis Membership :: Back

UI - Tesis Membership :: Back

Komersialisasi produk keagamaan dan perubahan praktek keagamaan studi kasus : aplikasi e-payment Paytren Ustadz Yusuf Mansur = Commercialization of religious product and changes in religious practices, case study : e-payment application Paytren Ustadz Yusuf Mansur

Tri Djoko Pariworo; Lugina Setyawati Setiono, supervisor; Andi Rahman Alamsyah, examiner; Richardi S Adnan, examiner; Nanu Sundjojo, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018)

 Abstract

ABSTRAK
Kajian Islam kontemporer menunjukkan perkembangan metode dakwah pada masyarakat era digital yang semakin variatif ragam dan bentuknya termasuk menggunakan aplikasi teknologi digital. Ustadz Yusuf Mansur menggunakan aplikasi Paytren yang merupakan salah satu aplikasi berbasis teknologi sebagai produk keagamaan yang didalamnya terkandung unsur komersialisasi dalam relasinya dengan kelompok atau komunitas pengikutnya yaitu para pengguna aplikasi Paytren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara terhadap komunitas Ustadz Yusuf Mansur yang juga pengguna aplikasi Paytren. Temuan penelitian ini menujukkan bahwa produk keagamaan dalam aplikasi Paytren yang mengandung unsur komersialisasi berdampak pada perubahan bentuk praktek keagamaan dari semula yang bersifat konvensional menjadi lebih fleksibel khususnya dalam masyarakat digital.


Contemporary Islamic studies show the development of the da'wah method in the digital age society which is increasingly varied in its variety and form including using digital technology applications. Ustadz Yusuf Mansur uses the Paytren application which is one of the technology-based applications as a religious product which contains elements of commercialization in relation to the group or community of followers, namely the users of the Paytren application. This study uses a qualitative method through observation and interviews with Yusuf Mansur Community Islamic Community who are also Paytren application users. The findings of this study show that religious products in the Paytren application which contain elements of commercialization have an impact on changing forms of religious practice from the conventional to become more flexible especially in digital societies.

 Digital Files: 1

Shelf
 T52321-Tri Djoko Pariworo.pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : UI - Tesis Membership
Call Number : T52321
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Additional entry-Corporate name :
Study Program :
Subject :
Publishing : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
Cataloguing Source LibUI ind rda
Content Type text
Media Type unmediated ; computer
Carrier Type volume ; online resource
Physical Description xi, 115 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
T52321 15-19-493084463 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20482694
Cover