Artikel Jurnal :: Back

Artikel Jurnal :: Back

Pelayanan keperawatan prima berbasis budaya berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien di rumah sakit

Rr Tutik Sri Haryati, Enie Novieastari (Department of Health Administration and Policy, Faculty of Public Health, Universitas Indonesia, 2015)

 Abstract

Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kesehatan yang diterima dapat diwujudkan dengan melaksanakan pelayanan prima. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelayanan prima berbasis budaya terhadap tingkat kepuasan pasien di rumah sakit. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan rancangan pre and post with control group design. Jumlah sampel adalah tiga puluh lima perawat dan seratus empat puluh pasien. Teknik pengambilan sampel untuk perawat menggunakan total sampling, sementara untuk pasien dilakukan dengan consecutive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna (p< 0,05) terhadap tingkat kepuasan pasien setelah perawat mendapatkan pelatihan pelayanan prima berbasis budaya pada sebelum dan sesudah di kelompok intervensi. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah perlunya meningkatkan peran supervisi agar keberlangsungannya tetap terjaga. Selain itu, untuk penelitian berikut dapat juga dilakukan dengan model triangulasi.

Nursing Care Prima Culture-Based Influence to Patient Satisfaction in Hospitals. This research aimed to determine the effect of service excellent based on culture to patient satisfaction level in installation of hospitalization Hospital Jayapura. This research is a quasi experiment with pre and post with control group design. The number of samples is someone 35 nurses and 140 patients. The results showed have significant effect (p< 0,05) on the level of patient satisfaction after nurses receive training excellent service based onculture pre and post intervention group. Recommendations can be given is the need to enhance the role of supervision in order to maintain continuity, for the following research maybe done by triangulation models.

 Metadata

Collection Type : Artikel Jurnal
Call Number : 610 UI-JKI 18:1 (2015)
Main entry-Personal name :
Subject :
Publishing : Depok: Department of Health Administration and Policy, Faculty of Public Health, Universitas Indonesia, 2015
Cataloguing Source : LibUI ind rda
ISSN : 14104490
Magazine/Journal : Jurnal Keperawatan Indonesia
Volume : Vol. 18, No. 1 Maret 2015: Hal 38-44
Content Type : text
Media Type : unmediated
Carrier Type : volume
Electronic Access : https://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/396
Holding Company : Universitas Indonesia
Location : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
610 UI-JKI 18:1 (2015) 03-19-910113514 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20484995
Cover