UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Diversifikasi, Struktur Modal, Free Cash Flow, dan Profitabilitas pada Perbankan di Negara ASEAN-5 dengan Pendekatan PVAR = Diversification, Leverage, Free Cash Flow, and Profitability on ASEAN-5 Bank: A PVAR Approach

Hanita Fitriyani; Maria Ulpah, supervisor; Rofikoh Rokhim, examiner; Irwan Adi Ekaputra, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat bidirectional causal relation antara diversifikasi portofolio, profitabilitas, arus kas bebas, dan leverage pada Bank di negara ASEAN-5. Penelitian ini menggunakan data 100 bank terbesar dari segi total aset pada negara-negara berkembang di ASEAN-5 (Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam) dalam periode observasi 8 tahun dari 2010-2017, kami mengecualikan periode krisis tahun 2008 untuk mencegah dari hasil penelitian yang bias. Data yang digunakan adalah data kuartal dikarenakan kebutuhan analisis time series yang membutuhkan data dengan periode yang panjang untuk menghindari permasalahan degree of freedom. Kontribusi dalam penelitian ini adalah pengujian variabel yang berbeda dan sampel penelitian yang berbeda pada model PVAR yang relatif masih jarang digunakan dengan harapan dapat dibandingkan dengan penelitian sebelumnya dan mampu memberikan tambahan informasi pada ilmu pengetahuan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat satu bidirectional causal relation yang positif dan signifikan antara return on asset dengan diversifikasi, sehingga disimpulkan bahwa diversifikasi merupakan salah satu langkah yang bisa diambil bank untuk peningkatan profitabilitas. Selanjutnya analisis dikembangkan dengan melakukan robustness checking berdasarkan ukuran bank dengan hasil yang serupa bagi bank dengan total aset di bawah rata-rata. Bank dengan ukuran total aset besar menunjukkan bidirectional causal relation antara free cash flow dengan diversifikasi.

 


This study examines the bidirectional causal relation between diversification, profitability, free cash flow, and leverage on ASEAN-5 Bank. This reserch utilizes data from top 100 bank in ASEAN-5 countries (Indonesia, Malaysia, Thailand, Philliphine, Vietnam) developing countries with 8 years observation period from 2010-2017. We exclude crisis period of 2008 to prevent from bias result. Data were collected from quarterly financial report due to the need for time series analysis that required data with long period of time to prevent the problems of degree of freedom. The contribution of this study is testing different variables and different research samples in the panel vector autoregression which are relatively rarely used and for the purpose to be compared with prior research. The result of this study shows that there is a positive and significant bidirectional causal relation between return on asset and diversification, so we can conclude that diversification is one of the antecedants of banking profitability in ASEAN-5. Furthermore, the analysis was continued by conducting robustness checking based on bank size of total assets. The result shows the similar findings for bank with small total asset. Bank with higher total asset shows bidirectional causal relation between free cash flows and diversification.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Hanita Fitriyani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 64 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-21-863733973 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20485584
Cover