UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Usulan Perancangan Balanced Scorecard Dalam Rangka Implementasi Strategi: Studi Kasus Pada SD Harapan Mulia = The Design of Balanced Scorecard in Elementary School (SD Harapan Mulia)

Sirait, Lernhard Febrian; Timotius, supervisor; Cynthia Afriani, examiner; Catur Sasongko, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan keunggulan kompetitif dengan melakukan penyelarasan antara strategi organisasi dan visi, misi dan nilai-nilai yang dimiliki oleh SD Harapan Mulia. Penelitian ini dilakukan karena meningkatnya pertumbuhan organisasi dan persaingan bisnis industri pelayanan pendidikan di Kota Bekasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan mengumpulkan, mengklasifikasikan dan menganalisis data yang diperoleh dari SD Harapan Mulia dan teori yang berkaitan dengan masalah penelitian. Proses pengumpulan, pengklasifikasian, dan penganalisisan data dan teori dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung, wawancara, dan pengumpulan data sekunder yang bersifat teoretis yang berkaitan dengan masalah penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan sistem manajemen berbasis Balanced Scorecard yang dikembangkan oleh Kaplan dan Norton untuk mengelola strategi organisasi SD Harapan Mulia.

Konsep Balanced Scorecard dimulai dengan melakukan analisis SWOT untuk mengetahuni kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari SD Harapan Mulia. Hasil analisis SWOT tersebut digunakan untuk menentukan dan menyelaraskan sasaran strategi dengan visi dan misi sekolah melalui matriks SWOT. Dengan menggunakan hasil analisis SWOT, matriks SWOT menghasilkan 25 sasaran strategis yang diklasifikasikan menjadi 5 perspektif dan terdiri dari 4 sasaran strategi dari pespektif pelanggan, 1 sasaran strategi dari perspektif keuangan, 1 sasaran strategi dari perspektif penyandang dana, 11 sasaran strategi dari perspektif proses internal bisnis, dan 8 sasaran strategi perspektif pembelajaran serta pertumbuhan. Sasaran strategi yang dihasilkan akan diklasifikasikan dan dihubungkan menggunakan peta strategi (Strategy Map). Sasaran strategi tersebut juga digunakan untuk merumuskan pengukuran dan tindakan-tindakan inisiatif menggunakan Balanced Scorecard.


This research wants to create a competitive advantage with doing some alignment between organization strategy and visions, missions, and values that are had by Harapan Mulia Elementary School. This research are conducted because of increasing in organization growth and business competition on educational service industry at Kotamadya Bekasi. Research method which is used in this research is qualitative research method. Thats method is done by collecting, classifying, and analysing data that are got from Harapan Mulia Elementary School and theory that are related for this research. Process of collection, classification, and analysis data and theory are done by doing direct observation, interview and secondary data collection that are related for this research. Data in this research are analyzed by using management system based on Balanced Scorecard created by Kaplan and Norton. Balanced Scorecard concept start with doing SWOT analysis to know strengths, weaknesses, opportunities, and threats that is owned by SD Harapan Mulia. The result of SWOT analysis is used to decide and coordinate strategy objective with their vision mision through matriks SWOT. By using the result of SWOT analysis, matrix SWOT generates 25 objective strategies that are classified to 5 perspective and that are consist of 4 objective strategies in customer perspective, 1 objective strategy in financial perspective, 1 objective strategy in fiduciary perspective, 11 objective strategies in internal process perspective, and 8 objective strategies in learning and growth perspective. Objective strategy that are generated will be classified and connected by using strategy map. Those objective strategies are also used to create a measurement and an initiative action using Balanced Scorecard.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Lernhard Febrian Sirait.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 105 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-21-324543994 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20486463
Cover