UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemanfaatan koleksi buku anak di perpustakaan anak Rimba Baca = Utilization of children's book collection in Rimba Baca children's library

Wulandari; Yeni Budi Rachman, supervisor; Laksmi, examiner; Tamara Adriani Salim, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan koleksi buku anak di perpustakaan anak Rimba Baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemanfaatan koleksi buku anak di dalam perpustakaan dan di luar perpustakaan, faktor yang mendorong pengguna dan manfaat dari pemanfaatan koleksi buku anak Rimba Baca. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan koleksi buku anak di Perpustakaan Anak Rimba Baca sudah cukup baik dilihat dari kegiatan peminjaman oleh pengguna yang meminjam lima buku per minggu untuk dibaca di rumah dan di dalam perpustakaan pengguna diberikan akses terbuka kesemua sumber dan media bagi anak. Faktor yang mendorong pengguna memanfaatkan koleksi buku anak adalah kebutuhan belajar anak, kelengkapan koleksi buku anak dan suasana perpustakaan yang nyaman. Koleksi tersebut dipakai dan bermanfaat bagi penggunanya, seperti memberikan pengguna referensi buku anak yang terbaru dan memberikan ide untuk kegiatan belajar bersama keluarga di rumah. Namun, Rimba Baca perlu meningkatkan judul dan jenis koleksi buku anak yang berbahasa Indonesia dan harus dapat mempertahankan kesan positif yang telah didapatnya selama ini.

This study discusses the use of childrens book collections by children and parents in the Rimba Baca childrens library. This research aims to identify the use of childrens book collections by children and parents both inside libraries and outside libraries, factors that encourage users and the impact of utilizing the Rimba Baca childrens book collection. This type of research is qualitative with a case study method. Data collection is done by observation and interviews. The results of this study are that the use of childrens book collections in the Rimba Baca Childrens Library is quite good in terms of lending activities by users who borrow five books per week to read at home and at in the library users are given open access to all sources and media for children. Factors that encourage users to use childrens book collections are childrens learning needs, the completeness of childrens book collections and a comfortable library atmosphere. The collection is used and useful for its users, such as giving users the latest childrens book references and providing ideas for learning activities with family at home. However, Rimba Baca needs to improve the title and type of collection of childrens books that speak Indonesian and must be able to maintain the positive impression that has been gained so far. 

 File Digital: 1

Shelf
 S-Wulandari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 79 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-943103723 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20486650
Cover