UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Belenggu cinta pertama dalam novel "Cinta Daur Ulang" karya Moammar Emka = First love shackles in "Cinta Daur Ulang" novel by Moammar Emka

Endang Sisca Widyawati; Sunu Wasono, supervisor (Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Sastra populer mulai dianggap sebagai genre dalam karya sastra dan dapat digunakan untuk meneliti suatu budaya. Sastra populer terdiri atas esai dan fiksi. Salah satunya adalah karya fiksi yang merupakan hasil rekaan dari kehidupan manusia. Karya fiksi yang dimaksud adalah novel dan film. Di dalam penulisan tugas akhir ini, penulis akan membahas satu jenis karya fiksi, yaitu novel populer karya Moammar Emka berjudul Cinta Daur Ulang. Penulis melihat adanya konflik di dalam tema percintaan novel ini. Adanya belenggu cinta pertama yang dirasakan oleh tokoh utama di dalam novel ini. Selain konflik percintaan, penulis juga melihat adanya suatu masalah pada latar dalam novel ini dan tentang kepengarangannya. Gaya bahasa yang digunakan oleh pengarang merupakan ciri khas dari pengarang tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Hasil dari penulisan ini adalah dapat dilihat kecenderungan pada karya Emka.

ABSTRACT
Popular literature began to be regarded as a genre in literary works and can be used to research a culture. Popular literature consists of essays and fiction. One of them is the work of fiction which is a fictional result of human life. The intended work of fiction is novels and films. In writing this final assignment, the author will discuss one type of fictional work, namely the popular novel by Moammar Emka titled Cinta Daur Ulang. The author sees a conflict in the theme of this novel romance. The existence of the first love shackles felt by the main character in this novel. In addition to conflict of love, the author also sees a problem in the background in this novel and about his authorship. The style of language used by the author is a characteristic of the author. The method used in this research is descriptive analytical method. The result of this paper is that we can see the tendency in Emka's work.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Endang Sisca Widyawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 21 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-19-959620138 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20486732
Cover