Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Analisis pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia / Ari Mulianta Ginting

Ginting, Ari Mulianta; (Sekretariat badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan, RI, 2017)
 Abstrak
Ekspor merupakan salah satu faktor terjadinya peningkatan pertumbuhan ekonomi suatu negara, sejalan dengan hipotesis export-led growth (ELG). Penelitian ini menganalisis perkembangan ekspor dan pertumbuhan ekonomi Indonesia periode kuartal I 2001 sampai dengan kuartal IV 2015. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dalam menggambarkan perkembangan pertumbuhan ekonomi serta ekspor dan analisis kuantitatif metode Error Correction Model (ECM) dalam menganalisis efek jangka panjang dan jangka pendek dari ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi. Pada periode penelitian, data yang ada menunjukkan bahwa ekspor dan pertumbuhan ekonomi Indonesia sama-sama mengalami peningkatan. Hasil regresi ECM menunjukkan bahwa ekspor memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara statistik terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang mendukung hipotesis bahwa ELG berlaku untuk Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia diperlukan peningkatan kinerja ekspor Indonesia. Peningkatan kinerja ekspor Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan perbaikan sistem administrasi ekspor, peningkatan riset dan pengembangan produk Indonesia, peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur, stabilitas nilai tukar dan perluasan pasar non tradisional, termasuk perbaikan struktur ekspor komoditas.
 Metadata
No. Panggil : 332 BILPDG 11:1 (2017)
Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Sekretariat badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan, RI, 2017
Sumber PengataloganLibUI ind rda
ISSN19799187
Majalah/JurnalBuletin ilmiah litbang perdagangan
VolumeVol. 11, No. 1, Juli 2017: Hal 1-20
Tipe Konten text
Tipe Media unmediated (rda media)
Tipe Carrier volume
Akses Elektronik
Institusi Pemilik Universitas Indoensia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
332 BILPDG 11:1 (2017) 03-19-146525065 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20487401