Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Pangan di Palembang/ Asri Delmayuni, Musa Hubeis, Eko Ruddy Cahyadi

Musa Hubeis; Eko Ruddy Cahyadi (Sekretariat Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan, RI, 2017)

 Abstrak

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mempunyai potensi sangat besar untuk kemajuan perekonomian Indonesia, karena tersebar diseluruh wilayah Indonesia. mensejahterahkan UMKM akan berdampak besar bagi perekonomian negara indonesia. penelitian mengenai strategi untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pangan di Kota Palembang ini dilakukan dengan menggunakan analisis Strength, Weaknes, Opportunity, and Threats (SWOT) dan Analisis Hirarki Proses (AHP).Sampel usaha UMKM Pangan di Palembang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan SWOT dan AHP diperoleh hasil bahwa strategi prioritas yang harus dilakukan oleh UMKM pangan berdaya saing di Kota Palembang adalah penggunaan peralatan yang lebih moderndalam proses produksiagar variasi makanan dapat dibuat secara lebih efisien dan efektif; serta pemanfaatan manajemen modern agar pengolahan UMKM dapat mencakup ekonomi lokal (dalam negeri) dan juga luar negeri. Untuk itu kontribusi dan kerjasama yang baik antar pemerintah dan UMKM akan membuat UMKM bisa melakukan perannya dengan baik dan menciptakan UMKM pangan yang berdaya saing.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 332 BILPDG 11:1 (2017)
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Sekretariat Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan, RI, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 19799187
Majalah/Jurnal : Buletin ilmiah litbang perdagangan
Volume : Vol. 11, No. 1, Juli 2017 Hal 97-122
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated (rda media)
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indoensia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
332 BILPDG 11:1 (2017) 03-19-118342922 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20487481
Cover