Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengaruh pupuk hayati dan pupuk anorganik terhadap populasi bakteri endofit, kandungan klorofil dan hasil tanaman pakcoy (brassica rapa L) pada hidroponik sistem NFT / Anissa Mutiara Herlianti, Mieke Rochimi Setiawati, Raginawanti Hindersah

Anissa Mutiara Herlianti; Mieke Rochimi Setiawati; Raginawanti Hindersah (Universitas Jenderal Soedirman. Fakultas Pertanian, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) merupakan salah satu sistem hidroponik dimana lapisan nutrisi yang sangat dangkal disirkulasikan melewati akar tanaman. Sistem hidroponik bergantung pada nutrisi anorganik sebagai pemasok unsur hara. Penggunaan pupuk hayati diharapkan dapat mengurangi dosis pupuk anorganik yang diaplikasikan pada sistem hidroponik agar lebih efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis terbaik kombinasi pupuk hayati dan pupuk anorganik dalam meningkatkan populasi bakteri endofit, kandungan klorofil dan hasil tanaman pakcoy pada hidroponik sistem NFT. Penelitian telah dilaksanakan diLaboratorium Biologi Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang.Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari empat perlakuan yaitu 100% Pupuk Anorganikdan 100% Pupuk Hayati + Pupuk Anorganik 100%, 75% dan 50%. Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, populasi bakteri endofit, kandungan klorofil, hasil tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian 100% pupuk hayati dan 50% pupuk anorganik dapat mengurangi penggunaan pupuk anorganik hingga 50 % dan berpengaruh terhadap peningkatan populasi bakteri endofit, kandungan klorofil dan hasil tanaman pakcoy pada hidroponik sistem NFT.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 630 AGRIN 22:1 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Universitas Jenderal Soedirman. Fakultas Pertanian, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14100029
Majalah/Jurnal : Jurnal Agrin
Volume : Vol. 22, No. 1 April 2018: Hal. 1-9
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
630 AGRIN 22:1 (2018) 03-19-419621345 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20487942
Cover