UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Pengaruh lingkungan eksternal dan kapabilitas organisasional terhadap implementasi strategi berwawasan lingkungan dan kinerja organisasi = The effect of external environment and organizational capabilities on the implementation of proactive environmental strategy and organizational performance / Elok Savitri Pusparini

Elok Savitri Pusparini; Budi Widjaja Soetjipto, supervisor; Riani Rachmawati, co-promotor; Lily Sudhartio, co-promotor; Sari Wahyuni, examiner; Setyo Hari Wijanto, examiner; Yanki Hartijasti, examiner; Aryana Satrya, examiner; Jimmy Sadeli, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Peningkatan intensitas environmental uncertainty dan stakeholder pressures terhadap bisnis ramah lingkungan pada negara berkembang seperti Indonesia, menuntut organisasi untuk memberikan respon terhadap tekanan yang berasal dari pihak eksternal sebagaimana diskusi yang mengakomodasi literatur tentang dinamika perubahan lingkungan dan literatur stakeholder ke dalam ranah Strategic Management. Dengan menggunakan model yang mengintgrasi Institutional Theory, Resource Dependence Theory, Resource-based Theory dan Behavioral Theory of The Firm, penelitian ini mengukur bagaimana industri perhotelan di Indonesia merespon terhadap ketidakpastian lingkungan yang tinggi, tekanan terhadap bisnis ramah lingkungan, dan bagaimana Organizational Cognition memainkan peran dalam menentukan keputusan organisasi untuk mengimplementasikan Proactive Environmental Strategy. Organisasi merespon perubahan eksternal dengan memperhitungkan faktor sumber daya dan kapabilitas internal. Secara bersama-sama, faktor eksternal dan internal akan membawa pengaruh terhadap organizational performance. Hasil temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa persepsi manajer hotel terhadap faktor lingkungan dan tekanan yang datang dari elemen-elemen stakeholder memiliki pengaruh positif dalam keputusan untuk mengimplementasi Proactive Environmental Strategy, sementara peran mediasi Organizational Cognition yang menjembatani faktor Environmental Uncertainty, Stakeholder Pressure, dan Strategic Capabilities menunjukkan hasil yang berbeda. Penelitian ini juga menemukan pengaruh positif dan signifikan dari Proactive Environmental Strategy terhadap Organizational Performance. Merujuk pada hasil yang didapat, penelitian ini memberikan kontribusi bagi perkembangan teoritis dalam konteks Strategic Management, implikasi manajerial, implikasi kebijakan terkait industri perhotelan di Indonesia, dan saran untuk penelitian yang akan datang.

ABSTRACT

The increasing prominence of environmental uncertainties and stakeholder pressure on environmental sustainability activities in developing countries such as Indonesia, as made organizations respond to pressures from external and internal groups that can be explained toward the stakeholder literature in strategic management. Using a model that integrates institutional theory, resource dependence theory, resource-based theory and behavioral theory of the firm, this study examines how Indonesias hotel industry responds to environmental sustainability pressures, how the external and internal factors play a major role in defining environmental proactiveness as a proxy of strategic response upon the pressures, and its impact on a firms performance. The findings of this study indicate that environmental uncertainties, stakeholder pressures, along with organizational strategic capabilities perceived by hotel managers have a positive impact on hotels proactive environmental strategy implementation through the mediating effect of organizational cognition. This study also finds a strong and positive relationship between the proactive environmental strategy implementasion and organizational performance. Drawing from the results, research contributions are developed upon theoretical implication, managerial implication, policy implication, and future avenues of inquiries for researchers.

 File Digital: 1

Shelf
 D2752-Elok Savitri Pusparini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Disertasi Membership
No. Panggil : D2752
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xxi, 219 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D2752 07-20-955382766 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20488418
Cover