Sebagai salah satu ibukota terpadat di dunia, Jakarta mengalami kenaikan populasi yang cepat setiap tahunnya yang sejalan dengan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor. Masalah muncul ketika Jakarta dinobatkan sebagai salah satu kota yang tidak nyaman dalam hal mengemudi berdasarkan Indeks Kepuasaan Pengemudi yang dirilis oleh Waze (3,37 dari 10) dan sekitar 98 ribu kecelakaan terjadi sepanjang tahun 2017. Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) bertujuan untuk meningkatkan performa pengemudi dan keselamatan berkendara. ADAS dapat memberikan peringatan dan melakukan intervensi yang dibutuhkan ketika menghadap situasi tertentu. Dua dari fitur yang diangkat pada penelitian ini adalah Forward Collision Warning (FCW) dan Lane Departure Warning (LDW). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur penerimaan pengemudi terhadap penggunaan sistem dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan pengemudi untuk mengadopsi suatu teknologi. Melalui hasil penelitian didapatkan tiga variabel laten dengan dua belas variabel terukur yang menjadi faktor pengaruh terhadap keinginan pengemudi untuk menggunakan sistem. Rekomendasi untuk meningkatkan penerimaan pengemudi menjadi bagian akhir yang didapatkan berdasarkan evaluasi terhadap variabel yang tidak signifikan.
As one of the most populous capitals in the world, Jakarta experiences rapid population growth every year which is followed by increasing number of vehicles rapidly too. The problem arise when Jakarta was named as one of the cities not comfortable to drive based on Driver Satisfaction Index 2016 released by Waze (3,37 out of 10) and around 98 thousands accidents occurred in 2017. Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) aims to enhance driver performance and improve safety. ADAS can alert and intervene as needed when facing certain situations. Two systems were investigated in this study, Forward Collision Warning and Lane Departure Warning. Therefore, the purpose of this research was to measure driver acceptance using these systems and discovered the factors that affecting behavioral intention to adopt the systems. Through the results of the study found three latent variables with twelves measured variables that are influential factors on the driver`s intention to use the systems. Recommendations for increasing driver acceptance become the final part obtained based on evaluation of variables that are not significant.