Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Korelasi nilai sondir terhadap parameter geoteknik dan rembesan pada pondasi tanggul fase e, Kalibaru, Jakarta Utara / Pulung Arya Pranantya, Emi Sukiyah, Edi Prasetyo Utomo, Hendarmawan

Pulung Arya Pranantya; Emi Sukiyah; Edi Prasetyo Utomo; Hendarmawan (Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2018)
 Abstrak
ABSTRAK

Tembok sisi luar waduk pada rancangan fase Darurat tanggul laut NCICD merupakan rencana pengamanan kawasan DKI Jakarta dari banjir ROB. Banjir yang terjadi merupakan rangkaian dari besarnya curah hujan di bagian hulu dan naiknnya muka air laut di bagian hilir. Diantara penyebab tersebut juga terdapat fenomena land subsidence yang memberi dampak terhadap banjir. Tanggul sisi luar tersebut masih memiliki beberapa alternatif jensi tanggul yang akan dibangun, diantaranya adalah tembok laut, sheet pile, spun pile bahkan timbunan tanah biasa. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai kemungkinan tanggul timbunan untuk pengamanan banjir Ketersediaan data untuk perhitungan adalah tiga buah titik sondir di sekitar kawasan muara Kalibaru. Dari data tersebut, didapatkan parameter masing masing litologi sehingga analisis dapat dilanjutkan menjadi analisis rembesan dan stabilitas. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat juga diprediksi mengenai bahaya piping atau erosi buluh di dasar timbunan. Bahaya piping di dasar tanggul terjadi pada material pasir pada saat ketinggian muka air laut existing dan saat ketinggian muka air laut bertambah dua meter tanpa menggunakan sheet pile. Berdasarkan korelasi tiga titik lokasi data sondir di daerah penelitian terhadap Grafik Robertson 1990 didapatkan lima lapisan tanah berturut-turut dari atas ke bawah adalah: lempung lanauan, pasir lanauan, lanau pasiran, pasir lanauan, dan pasir.
 Metadata
No. Panggil : 551 JSDA 14:2 (2018)
Pengarang :
Pengarang/kontributor lain :
Subjek :
Penerbitan : Bandung : Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2018
Sumber PengataloganLibUI ind rda
ISSN19070276
Majalah/JurnalJurnal Sumber Daya Air
Volumevol. 14, No. 2 November 2018: Hal. 73-86
Tipe Konten text
Tipe Media unmediated rda media
Tipe Carrier volume
Akses Elektronik
Institusi Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
551 JSDA 14:2 (2018) 03-19-024693449 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20488483