UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengembangan struktur Komponen Biaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pekerjaan Struktur atas Bangunan Gedung Berbasis Work Breakdown Structure pada Proyek Pemerintah = Development of Safety Cost Components Structure on Upper Structure Building Based on Work Breakdown Structure on Government Projects.

Chyntia Christina Darongke; Yusuf Latief, supervisor; Leni Sagita Riantini, examiner; Afrizal Nursin, examiner; Eddy Subiyanto, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Sektor industri konstruksi sebagai salah satu penyumbang perkembangan ekonomi dalam suatu negara mempunyai masalah dalam pelaksanaannya. Kecelakaan kerja yang kerap terjadi dapat memiliki dampak yang selain merugikan perusahaan tapi juga negara. Kurangnya anggaran terpisah yang khusus ditujukan untuk penerapan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja menjadi salah satu penyebab buruknya penerapan SMK3 di proyek konstruksi dan mengakibatkan tingginya tingkat kecelakaan kerja. Di Indoensia sendiri, meski ada beberapa peraturan dan regulasi yang mengatur tentang penerapan SMK3, belum ada peraturan khusus yang mengatur tentang bagaimana menyusun anggaran biaya yang wajar untuk penerapan SMK3. Dengan perantara kajian literatur, survey dan kuesioner yang akan disebarkan, penelitian ini disusun dengan tahapan mengetahui work breakdown strucutre pada pekerjaan, mengidentifikasi risikonya, menyusun pengendalian risiko, untuk kemudian bisa dianalisa anggaran biaya dalam penerapan pengendalian risiko untuk memaksimalkan kinerja SMK3 di proyek konstruksi. Hasil dari penelitian ini adalah WBS standar pekerjaan struktur atas bangunan gedung, sumber risiko yang berhubungan dengan risiko K3 pada pekerjaan struktur atas bangunan gedung, safety plan untuk pekerjaan struktur atas, dan komponen biaya dari rencana biaya keselamatan dan kesehatan kerja konstruksi dengan menggunakan safety plan berbasis WBS yang sudah terstandarisasi, dengan tujuan dapat meningkatkan kinerja keselamatan dan kesehatan kerja dan mengurangi kecelakaan kerja pada pelaksanaan proyek konstruksi.

ABSTRACT
Construction Industry as one of the biggest contributor to economic development of a country has a problem within its implementation. Fatal construction accident that happen often could impact not only on corporate performance but also on competitiveness index of that country. One of the reason of the lacking performance of OSHA in project is there is no separate budget due to OSHA implementation, and poor performance of OSHA resulting the high number of workplace accident. In Indonesia, there are several regulation and law regarding of OSHA implementation in workplace, but none of them state clearly on how to make the proper budget or cost for OSHA implementation. With literature review, survey and questionare, this study aim to find out the work breakdown structure of the project, identifying the risk of that project, developing the risk control, and analyzing the budget of the safety implementation on that project. With the maximum implementation of OSHA at workplace, the number of workplace accident expected to decreased. The output of this study are standardized work breakdown structure for upper structure work, potential safety risk for upper structure work, safety plan for upper structure work and the cost component for safety cost based on the safety plan.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Chyntia Christina Darongke.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 226 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-21-743767387 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20488707
Cover