UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Penggunaan teknik storytelling dalam kampanye "I am Truly Woman" oleh Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks tahun 2019 = The Use of storytelling techniques in campaign "I am Truly Woman" by Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks in 2019

Arunee Najla Izdihar; Nissa Cita Adinia, supervisor ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

Storytelling merupakan strategi yang dapat digunakan dalam menyebarkan informasi, terutama dalam dunia kesehatan. Storytelling dalam kesehatan digunakan sebagai sarana untuk memberdayakan atau memberikan motivasi kepada seseorang, membujuk, dan juga memberikan pelajaran mengenai kesehatan. Tulisan ini ditujukan untuk membahas mengenai teknik penerapan storytelling sebagai upaya meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya imunisasi dalam kampanye kesehatan kanker serviks. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori rasionalitas naratif oleh Walter Fisher yang terdiri atas prinsip koherensi dan kebenaran. Konsep
kedua yang digunakan dalam penelitian ini adalah unsur dalam elemen storytelling oleh Joe Lambert yang terdiri atas insight, emotions, finding moment, visual, sounds, editing, dan sharing. Metode penelitian yang digunakan adalah riset evaluasi. Objek yang dievaluasi adalah 28 video yang dijadikan teaser dalam kampanye I am Truly Woman yang dilakukan oleh Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS). Hasil penelitian memperlihatkan, secara keseluruhan, teaser I am Truly Woman telah memenuhi prinsip dan unsur storytelling dengan baik.

Storytelling is a strategy that can be used to spread information, especially in health. Storytelling in health is used as a medium to empower or give motivation to someone, to persuade, as well as to give insights about health. This paper aims to discuss the application of storytelling as a means to raise awareness towards the importance of vaccines in health campaigns about cervical cancer. The first concept used in this study is the theory of narrative rationality by Walter Fisher, which consists of the principle of coherence and truth. The second concept used in this study is the theory about storytelling elements by Joe Lambert, which consists of insight, emotions, finding moment, visual, sounds, editing, and sharing. The method of this study is evaluation research. The objects evaluated are 28 teaser videos in the campaign I am Truly Woman by Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS). The result of the study shows that, overall, the teasers for the campaign I am Truly Woman complies the principles and elements of storytelling well.

 File Digital: 1

Shelf
 MK- Arunee Najla Izdihar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 29 pages : ilustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-21-58718024 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20489398
Cover