UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perbandingan Sistem Otentikasi Pada Aplikasi Telepon Genggam Dengan Sistem Operasi Android = Authentication System Comparison on Handphone Application with Android Operating System

Haekal Febriansyah Ramadhan; Alfan Presekal, supervisor; Kalamullah Ramli, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Otentikasi adalah sebuan cara untuk mengonfirmasi validitas data yang dimasukkan pengguna. Sistem otentikasi banyak digunakan pada banyak hal terutama untuk melindungi dan membatasi akses ke data sehingga hanya dapat diakses oleh entitas tertentu. Salah satu contoh sistem otentikasi adalah keamanan aplikasi di ponsel. Ada banyak cara untuk mengotentikasi aplikasi pada ponsel, misalnya sidik jari, kata sandi, pola, dll. Saat ini, ada beberapa jenis baru sistem otentikasi pada aplikasi ponsel seperti GPS dan mengocok telepon genggam. Dalam tulisan ini, semua sistem otentikasi ini akan dibandingkan dalam bidang keamanannya, keramahannya, dan keefisienannya dengan cara melakukan penghitungan waktu yang dibutuhkan untuk otentikasi pada tiap sistemnya untuk mengukur keefisiean lalu memberikan kusioner kepada koresponden untuk mengukur keramahan dan keamanannya. Pengukuran keamanan juga dilakukan dengan cara studi literatur dari jurnal yang membahas keamanan sistem otentikasi. Hasil yang didapatkan adalah sistem otentikasi terefisien adalah GPS dengan waktu 2,465 detik, sistem otentikasi teramah adalah sidik jari dengan nilai 4,308, dan sistem otentikasi teraman adalah sidik jari dengan nilai 4,692.

Authentication is a form to confirm the validity of the data that user put. Authentication systems are widely used on many things especially things for protecting and limiting access to data so that it only can be accessed by specific entity. One example of authentication system is application security on hand phone. There are many ways to authenticate application on hand phone, for example fingerprint, password, pattern, etc. Nowadays, there are some new type of authenticate system on hand phone application like GPS and shaking phone. In this paper, all of these authentication systems will be compared in the area of security, friendliness, and efficiency by calculating the time needed to authenticate each system to measure efficiency and then giving questionnaire to correspondents to measure friendliness and safety. Security measurement is also done by means of literature studies from journals that discuss the security of authentication systems. The results obtained are the most efficient authentication system is GPS with a time of 2.465 seconds, the most user-friendly authentication system is a fingerprint with a value of 4.308, and the safest authentication system is a fingerprint with a value of 4.692.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Haekal Febriansyah Ramadhan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 58 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-41917990 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20489532
Cover