ABSTRAKKebijakan Nomor Ganjil-Genap yang bertujuan untuk membatasi lalu lintas kendaraan sudah diterapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sejak diterapkan pertama kali pada tahun 2016, kebijakan ini mengalami beberapa kali perubahan, yaitu pada pemberlakuan jumlah ruas jalan dan waktu berlaku kebijakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasidata-data lalu lintas antar periode pemberlakuan kebijakan. Metode penelitian yang digunakan adalah menganalisis secara statistik desriptif dan uji korelasi dari tiap
variabel lalu lintas dengan variabel periode kebijakan ganjil-genap dengan menggunakan data sekunder yang didapat dari instansi terkait. Hasil yang didapat
adalah tiap variabel mempunyai analisis data yang berbeda-beda dan hubungan yang berbeda-beda dengan periode kebijakan ganjil-genap, yang berarti kebijakan
ganjil-genap mempengaruhi sebagian variabel lalu-lintas yang terdampak. Hasilnya, terdapat penurunan waktu tempuh rata-rata Periode Ganjil-Genap I hingga Periode Ganjil-Genap IV sebesar 42,97 %, peningkatan kecepatan rata-rata
dari Periode Ganjil-Genap I hingga Periode Ganjil-Genap IV sebesar 76,36 %, penurunan nilai volume kendaraan rata-rata selama dari Periode Ganjil-Genap II
hingga Periode Ganjil-Genap III sebesar 21,53 %, dan peningkatan nilai jumlah penumpang BRT rata-rata dari Periode Ganjil-Genap I hingga Periode Ganjil-
Genap IV sebesar 6,67 %.
ABSTRACTThe Odd-Even Number Policy intended to limit vehicle traffic has beenimplemented by the DKI Jakarta Provincial Government. Since the time it was firstimplemented in 2016, this policy has undergone several changes on theimplementation of the number of roads and the time of the policy. The purpose ofthis study is to analyze and evaluate between traffic data and periods of policyenactment. The research method used in this study are descriptive statisticalanalysis and correlation test of each traffic variable with odd-even policy periodvariables using secondary data obtained from the relevant agencies. The resultsobtained are that each variable has a different data analysis and differentrelationships with odd-even policy periods, which means that odd-even policiesaffect some of the affected traffic variables. As a result, there is a decrease in thenumber of average travel time from Odd-Even Period I to Odd Period IV by42.97%, an increase in the number of average speed from Odd-Even Period I toOdd Period IV by 76.36%, a decrease in the number of average vehicle volumefrom the Odd-Even Period II to the Odd-Even Period III by 21.53%, and an increasein the average number of BRT passengers from the Odd-Even Period I to the Odd-Even Period IV of 6.67 %.