UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan strategi retensi karyawan millennials berdasarkan kepuasan kerja di industri perbankan = Millennials employee retention strategy planning based on job satisfaction in the banking industry

Siti Rohmah As`ad; Erlinda Muslim, supervisor; Armand Omar Moeis, examiner; Arry Rahmawan Destiyanto, examiner; Maya Arlini Puspasari, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Pada beberapa tahun terakhir, telah terjadi perubahan demografi dalam tenaga kerja Indonesia, dengan masuknya Generasi Y atau Millennials yang berbarengan dengan pensiunnya Generasi Baby Boomers, khususnya di industri perbankan dimana hampir 80% karyawannya merupakan karyawan Millennials. Perubahan demografi ini menyebabkan terjadinya pergeseran dinamika tenaga kerja yang dipengaruhi oleh perbedaan nilai dan gaya kerja Generasi Millennials dengan generasi lainnya. Hal ini berakibat pada tingkat turnover karyawan di industri perbankan dengan rata-rata dari 22 bank di Indonesia yang mencapai 13,16% pada 2017. Hampir 98% dari turnover karyawan pada salah satu bank terjadi pada kelompok usia yang di dalamnya terdapat Generasi Millennials. Tingkat turnover yang tinggi akan merugikan bank baik dari segi finansial maupun non finansial sehingga strategi retensi untuk mempertahankan karyawan diperlukan, khususnya dalam hal kepuasan kerja mereka. Dalam pembuatan strategi, pengaruh faktor gaji dan kesejateraan, pekerjaan, perilaku pemimpin, pengembangan diri, hubungan interpersonal, kompetensi kerja, dan fleksibilitas kerja terhadap kepuasan kerja diteliti dengan menggunakan metode SEM yang ternyata seluruh faktor tersebut berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja. Selain itu, pengaruh kepuasan kerja terhadap intensi turnover juga diteliti dengan menggunakan metode yang sama dan pengaruh signifikan dan negatif dari kepuasan kerja terhadap intensi turnover ditemukan. Strategi dirancang menggunakan Total Rewards Strategy yang menghasilkan 16 strategi retensi untuk karyawan Millennials di industri perbankan.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Siti Rohmah As'ad.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 73 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-87121964 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20489893
Cover