UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi pemulihan bisnis PT Natabhayu dalam usaha meningkatkan operasi perusahaan

Yusuf Utama; Albert Widjaja, supervisor ([Publisher not identified] , 2000)

 Abstrak

ABSTRAK
Globalisasi yang menjadi isu besar pada awal milenium ketiga lm membuka
peluang yang lebih luas untuk terjadinya perpindahan orang dan barang dan satu tempat ke
tempat lainnya tanpa hambatan yang berarti Perpindahan lm terjadi dalam rangka
pemenuhan kebutuhan yang tidak lagi bersifat domestik, tetapi sudah tenntegrasi secara
global
Perpindahan lm memerlukan sarana, dan perusahaan transportasi yang menyediakan
sarana bagi terselenggaranya perpindahan orang dan barang dan satu tempat ke tempat
lainnya
Peluang penyelenggaraan jasa tranportasi lm menank banyak pemodal untuk teijun
ke dalam bisms lm Hal itu mencakup baik berupa angkutan barang maupun orang melalui
darat laut dan udara Banyaknya pemodal yang memasuki bisms lm menimbulkan
persaingan yang tidak nngan dikalangan perus
mengembangkan usahanya
ortasi untuk dapat bertahan dan
PT Natabhayu dengan mottonya K< uran, Dedi
beroperasi pada area Jakarta-Singapura-Port
kapal feeder dalam menjalankan operasinya, dan memiliki COC (Camer Own Container)
sampai saat lm beijumlah 300 TEUs (Twenty footer Equivalent Umt) dan 100 FEUs (fourty
footer Equivalent Umt) perusahaan juga memiliki fasilitas pergudangan, konsolidasi serta
transportasi daratnya Perusahaan mempunyai rencana jangka panjang untuk menjadi salah
satu perusahaan pelayaran terkemuka yang melayani pengangkutan barang melalui laut
dengan berbagai sarana angkutan laut berupa berbagai jenis kapal angkut yang dibuat sesuai dengan fungsinya Dalam rencana jangka menengahnya, perusahaan berencana
untuk menjadi salah satu perusahaan terkemuka dalam angkutan peti kemas di Asia
Tenggara Rencana ini didasari pengalaman pemsahaan dalam angkutan peti kemas selama
menjadi bagian dan Sea Land inc Namun mengingat kondisi perekonomian negara kita
yang saat lm masih mengalami resesi ekonomi yang berkepanjangan, PTNatabhayu
memutuskan untuk melaksanakan rencana jangka pendek untuk dapat bertahan dalam
bisnis transportasi laut berupa menggarap ceruk pasar pengangkutan barang lewat laut
dengan menggunakan peti kemas dengan rute Indonesia-Smgapura-Malaysia Dan dalam
studi mi penulis berusaha membahas apa yang telah dilakukan, dan apa yang harus
diperbaiki dalam pelaksanaan operasi jangka pendek PTNatabahyu hal lm didasari
pemikiran bahwa pada saat lm kemampuan perusahaan bertahan menghadapi resesi
ekonomi dan terus berkembang adalah hal terpentang dalam menjaga eksistensi perusahaan
PTNatabhayu dalam usaha untuk dapat bertahan dan berkembang dalam usaha
transportasi barang terutama, yang menggunakan sarana peti kemas dan diangkut melalui
laut berusaha untuk memenuhi fakto
sarana peti kemas melalui laut
Faktor kunci sukses yang berhasil diidentifikasi pada sektor industri lm dalam studi
lm yang pertama adalah jaringan pemasaran, yang kedua adalah ragam lini jasa yang
disediakan, yang ketiga adalah sistim informasi dan yang terakhir adalah tersedianya
r kunci sukses dalam industri pengangkutan dengan
sumber daya manusia yang dapat mengaktualisasikan jasa yang disediakan perusahaan
dengan baik
Dalam usaha pencapaian kinerja yang baik untuk memenangkan persaingan,
perusahaan harus dapat mencapai kondisi kunci sukses usaha dalam operasinya Dalam hal Dengan usaha mengembangkan pola Relationship Marketmg diatas diharapkan
kekurangan perusahaan dalam hal lini jasa (dalam hal lm rute) dapat diatasi dengan
memuaskan konsumennya dengan profesionalisme pelayanan jasa yang ada, berupa COC
SOC pelayaran, gudang konsolidasi truckmg dsb
Dan studi lm dapat disimpulkan bahwa PT Natabhayu yang saat lm baru saja
melakukan reposisi dan agen ekslusif menjadi perusahaan pelayaran independen harus
dapat membangun Citranya yang baru Perusahaan juga harus dapat mengatasi kelemahan
yang terdapat dalam pola operasinya, dalam usaha memenuhi pencapaian faktor kunci
sukses usaha perusahaan harus dapat memperbaiki kekuranganya dalam marketmg dan hm
jasa
Perusahaan juga disarankan untuk melakukan kegiatan pengumpulan data pasar
secara intensif untuk kemudian mulai memperbaiki database pasarnya, perusahaan juga
disarankan untuk melakukan pengawasan ketat pada pola efisiensi dan efektifitasnya agar
tetap optimal dan dapat terus berkembang.

 File Digital: 1

Shelf
 T9569-Yusuf Utama.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 84 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-292609385 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20490355
Cover