UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh desain atmosfer terhadap kesuksesan bisnis = Atmospheric design in business success

Kezia Esmeralda Kally; Ahmad Gamal, supervisor; Hendrajaya Isnaeni, examiner; Azrar Hadi H. Ramli, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Skripsi ini akan menjelaskan bagaimana desain pada kafe dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis kafe tersebut. Saya merumuskan tiga pertanyaan dalam skripsi ini: 1) Mengapa desain arsitektur khususnya desain atmosfer perlu dilakukan; 2) Elemen apa saja pada atmosfer yang dapat didesain; 3) Bagaimana desain atmosfer dan merek kafe dapat menjadi faktor kesuksesan bisnis. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana desain atmosfer pada kafe, dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis. Saya mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan desk study. Beberapa data saya olah menggunakan analisis kualitatif yang bersifat deskriptif. Dari penelitian ini saya menemukan bahwa pemilik bisnis melakukan desain atmosfer pada ruang-ruang kafe. Usaha tersebut menghasilkan peningkatan pendapatan pada bisnis yang dibuktikan pada hasil wawancara. Hal tersebut merupakan salah satu kriteria bisnis tersebut dapat dikatakan sebagai bisnis yang berhasil. Desain atmosfer yang dilakukan pada kafe membentuk citra kafe yang akan diterima masyarakat dan menentukan keputusan pelanggan untuk datang atau tidak ke kafe tersebut. Semakin banyak pelanggan yang melakukan transaksi di kafe tersebut, dapat semakin meningkatkan kesuksesan bisnis kafe. Kesimpulan dari skripsi ini adalah bahwa 1) Desain atmosfer yang tepat membuat pelanggan merasa nyaman saat menikmati waktunya di dalam kafe; 2) Desain atmosfer dilakukan karena panca indera manusia dapat merasakan atmosfer tidak hanya secara visual, namun juga ada elemen-elemen atmosfer yang dapat dirasakan dengan indera peraba, penciuman, pendengaran, dan pengecap; dan 3) Terdapat hubungan antara desain atmosfer dengan kesuksesan bisnis.

 


This research attempts to explain how the design of the cafe can influence the success of the cafe business. I formulated three questions in this research: 1) Why architectural design especially atmospheric design needs to be done; 2) Atmospheric element that can be designed; 3) How atmospheric design that builds cafe brand can be a factor in business success. The purpose of this research is to find out whether the existence of atmospheric design in cafes can affect business success. I collected data by observation, interviews, and desk study. Some of my data are using descriptive qualitative analysis. From this research, I found that business owners did an atmospheric design in their cafe and resulted in an increase income on their business. Which is one of the criteria that the business can be considered a successful business. The atmospheric design forms a cafe image that will be accepted by the community and determines the customer's decision to come or not to the café. The more customers who make transactions in the cafe, the more successful the cafe business can be. The conclusion of this research is that 1) The right atmospheric design makes customers feel comfortable while enjoying their time in the cafe; 2) Atmospheric design is done to stimulate the five human senses, not only visually, but also from the atmospheric elements that can be felt with the sense of touch, smell, hearing, and taste; and 3) There is a relationship between atmospheric design and business success.

 

 File Digital: 1

Shelf
 S-Kezia Esmeralda Kally.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xiii, 76 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-86855086 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20490518
Cover