UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan antara Pengendalian Diri dan Keterlibatan Aktif di Kelas Dimediasi oleh Kebiasaan Belajar dan Dimoderatori oleh Sensitivitas terhadap Stigma Akibat Kesenjangan Sosio-Ekonomi = The Relationship between Self-Control and Classroom Engagement Mediated by Homework Habits and Moderated by Sensitivity to Stigma of SES-based Identity Discrepancy

Febri Prasetiyo Noor; Bagus Takwin, supervisor; Dianti Endang Kusumawardhani, examiner; Eva Septiana, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

Mahasiswa seringkali kurang aktif terlibat dalam proses belajar di kelas, diduga ada pengaruh dari sensitivitas pada stigma akibat kesenjangan sosio-ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh dari sensitivitas pada stigma akibat kesenjangan sosio ekonomi (SSID) pada hubungan pengendalian diri, kebiasaan belajar, dan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas. Partisipan sejumlah 121 mahasiswa universitas X, terdiri dari 107 perempuan dan 14 laki-laki, dengan rentang usia 20-23 tahun. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji bivariate correlation dan uji regresi untuk melihat pengaruh moderasi SSID pada hubungan pengendalian diri dengan keterlibatan aktif di kelas melalui kebiasaan belajar. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara pengendalian diri dengan kebiasaan belajar dan kebiasaan belajar dengan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas. Hasil uji regresi menunjukkan peran kebiasaan belajar sebagai mediator pada hubungan pengendalian diri dengan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas, namun tidak ada pengaruh yang signifikan dari SSID pada hubungan tersebut. Implikasi teoritis dari hasil penelitian ini adalah pengendalian diri yang baik dan kebiasaan belajar yang teratur dapat menjadi prediktor terhadap keterlibatan aktif mahasiswa di kelas, sementara implikasi praktisnya dapat dilakukan dengan melatih pengendalian diri dan membentuk kebiasaan belajar yang teratur untuk menggugah mahasiswa agar lebih aktif di kelas.


College students were often less-actively in their involvement at the classroom, thus  there was a suspected from the effect of sensitivity to stigma of SES-based identity discrepancy. This study aimed to see the effect of sensitivity to SES-based identity discrepancy (SSID) in the relationship of self-control, homework habits, and classroom engagement. Participants were 121 students from university X, consisted of 107 women and 14 men, with an age-range of 20-23 years. Analysis used in this study were bivariate correlation and regression test to see the moderation effect of SSID on the relationship of self-control and classroom engagement through homework habits. The results showed a positive and significant correlation between self-control and homework habits, then homework habits and classroom engagement. The regression test results showed the role of homework habits as a mediator in the relationship of self-control and classroom engagement, while there is no significant moderation effect of SSID. Theoretical implications from this study, such as high self-control and good homework habits can be a predictor of student`s classroom engagement, while the practical implications can be started with self-control training and formed a good homework habits to inspire students became more active in the classroom.

 File Digital: 1

Shelf
 T53165-Febri Prasetiyo Noor.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T53165
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 59 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T53165 15-21-927791207 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20491127
Cover