UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Tindak tutur menasihati dalam buku Het Grote Carry Slee Voorleesboek karya Carry Slee = Speech act advising in carry Slees Het Grote Carry Slee Voorleesboek book

Amelia Windy Pratiwi; Andrea Pradsna Paramita Djarwo, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Dalam buku bacaan anak, pertuturan berimplikasi menasihati banyak ditemukan. Salah satunya seperti pertuturan dalam buku Het Grote Carry Slee Voorleesboek (2010) karya Slee. Penelitian kualitatif ini menganalisis bentuk menasihati yang terdapat dalam pertuturan lokusioner, ilokusioner dan perlokusioner pada buku Het Grote Carry Slee Voorleesboek karya Slee. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan cara Slee menasihati anak dengan mengidentifikasi tindak tutur lokusioner, ilokusioner dan perlokusioner yang terdapat dalam buku ini. Buku berupa kumpulan cerita ini adalah penghargaan untuk Slee yang telah berkarya lewat tulisannya selama 20 tahun. Dalam penelitian ini digunakan teori pertuturan Austin (1962), sementara untuk memperdalam ilokusi digunakan teori Searle (1975). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Slee menggunakan jenis kalimat pernyataan dan kalimat bermakna implisit. Jenis nasihat yang dominan ditemukan berbentuk petunjuk dengan harapan agar nasihatnya mudah dipahami dan dipatuhi. Slee juga menggunakan kalimat yang tidak menggurui yang menyebabkan pembaca anak dapat lebih menikmati ceritanya.

In childrens books, speech act that implicates advice is many to be found. Such as in Het Grote Carry Slee Voorleesboek (2010) written by Slee. This qualitative study analyzes the forms of advising related to locutionary, ilocutionary and perlocutionary in Het Grote Carry Slee Voorleesboek. The purpose of this study is to describe Slees ways of advising by using the locutionary, illocutionary and the perlocutionary perspective. This book is a collection of selected stories and is dedicated for her 20 years of storywriting. This study used Austins theory of speech act (1962), while Searles theory (1975) was used to deepen illocutionary. The results show that Slee used statement as the type of sentences and used sentences with implicit meanings. The type of advice Slee used is in the form of hint, making the advice easy to understand and obey. Slee does not use patronizing tone and this makes her work enjoyable to read.

 File Digital: 1

Shelf
 MK- Amelia Windy Pratiwi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vi, 21 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-96864590 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20491331
Cover