Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) menjadi salah satu faktor risiko utama terjadinya
stunting pada balita. Edukasi berbasis buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada periode 1000 hari pertama kehidupan anak merupakan salah satu cara untuk mencegah dampak
stunting, melalui upaya peningkatan pengetahuan dan kepercayaan diri ibu dalam merawat BBLR. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh edukasi dengan tambahan media pembelajaran buku KIA, aplikasi
mobile cellular, dan edukasi rutin ruangan.
Desain penelitian yang digunakan
quasi eksperimen pre-post with control group dengan 69 sampel ibu BBLR yang dipilih sesuai kriteria. Sejumlah 23 ibu yang memiliki BBLR diberikan edukasi dengan media pembelajaran buku KIA, dan 23 ibu diberikan edukasi ditambah media pembelajaran aplikasi
mobile celular, selanjutnya dibandingkan dengan 23 ibu yang hanya mendapatkan informasi rutin ruangan.
Analisis data menggunakan
Kruskall-Wallis menunjukkan bahwa secara signifikan edukasi dengan tambahan media
mobile application memberikan pengaruh peningkatan skor pengetahuan ibu yang lebih baik dari pada kedua kelompok lainnya (p
value <0,001), namun tidak terdapat perbedaan skor kepercayaan diri yang bermakna antara ketiga kelompok tersebut (p
value >0,05). Pengetahuan ibu terkait perawatan yang optimal pada BBLR dapat ditingkatkan melalui praktik edukasi, diskusi, dan penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran yang menunjang aksesibilitas buku KIA.
Low Birth Weight (LBW) is one of the main risk factors for stunting in infants. Maternal and Child Health Handbook based education in the first 1000 days of child life is one way to prevent the effects of stunting, through efforts to increase the knowledge and self-confidence of mothers in caring for LBW. This study aims to compare the effect of education in addition to the MCH handbook learning media, mobile cellular applications, and routine room education. The study design used a quasi-experimental pre-post with control group with 69 samples of LBW mothers selected according to the criteria. A total of 23 mothers who had LBW were educated with MCH handbook learning media, and 23 mothers were given education plus mobile celular application learning media, then compared with 23 mothers who only received routine room information. Data analysis using Kruskall-Wallis showed that significantly education with additional mobile application media had an effect on increasing the score of maternal knowledge better than the other two groups (p value <0.001), but there were no significant differences in the confidence scores between the three groups (p value >0.05). Knowledge of mothers regarding optimal care for LBW can be improved through the practice of education, discussion, and the use of technology as learning media that support the accessibility of MCH handbooks.