ABSTRAKSkripsi ini membahas mengenai gambaran permasalahan yang dihadapi oleh pekerja
wanita dewasa awal, khususnya yang berprofesi sebagai tenaga pengajar (guru), strategi
coping yang guru wanita dewasa awal tersebut lakukan serta dukungan sosial yang
diterima oleh guru wanita dewasa awal tersebut dalam menghadapi permasalahan yang
kerap mereka hadapi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif.
Hasil penelitian ini menggambarkan pekerja dewasa awal yang berprofesi sebagai guru
di Sekolah XYZ mempunyai beberapa permasalahan yang kerap mereka hadapi, baik
permasalahan terkait dengan pekerjaan dan permasalahan diluar pekerjaan namun
mempengaruhi kehidupan kerja. Strategi coping yang dilakukan oleh para pekerja
dewasa awal yang berprofesi sebagai guru juga cukup efektif dengan penggabungan dua
strategi coping, yaitu coping berfokus pada masalah dan coping berfokus pada emosi.
Dukungan yang diterima pekerja dewasa awal yang berprofesi sebagai guru, berbentuk
dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasi dan dukungan
persahabatan, yang bersumber dari keluarga, rekan kerja, supervisor dan juga organisasi
(dalam bentuk peraturan, kebijakan serta sistem).
ABSTRACTThis thesis discuss the problems faced by early adult female workers, especially thosewho work as teachers, coping strategies that the early adult female performs and thesocial support received by these early adult female workers in dealing with problemsthat they often facing. This research is a qualitative research with descriptive design.The results of this study describe early adult workers who work as teachers at XYZSchool having several problems that they often face, both problems related to work andproblems outside of work but affect work life. Coping strategies performed by earlyadult workers who work as teachers are also quite effective, by combining two copingstrategies, which is, problem-focused coping and emotional-focused coping. Supportreceived by early adult workers who work as teachers, in the form of emotional support,instrumental support, information support and friendship support, which come fromfamily, work colleagues, supervisors and organizations (in the form of regulations,policies and systems).