UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan Kualitas Tidur Lanjut Usia dengan Care Burden pada Caregiver di Jakarta Timur = The Relationship between Sleep Quality in Elderly and Care Burden on Caregiver in East Jakarta

Atsari Nurshabrina Prasetianingsih; Hening Pujasari, supervisor; Kuntarti, examiner; Shanti Farida Rachmi, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia , 2019)

 Abstrak

Kualitas tidur buruk pada lanjut usia yang diakibatkan oleh masalah tidur seperti sulit tidur dan mudah terbangun menjadi fenomena yang sering terjadi di masyarakat. Caregiver sebagai pengasuh lanjut usia terkena dampak tidak langsung dari penurunan kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur lanjut usia dengan care burden pada caregiver. Desain penelitian ini adalah korelatif cross-sectional, menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk mengukur kualitas tidur lanjut usia dan Zarit Burden Interview (ZBI) untuk mengukur beban caregiver. Penelitian ini dilakukan pada 252 responden (126 pasang lansia dan caregiver-nya) yang dipilih dengan teknik consecutive sampling di 2 Puskesmas Kecamatan Jakarta Timur sebagai pusat pelayanan lansia terpadu di komunitas.
Hasil penelitian menunjukan 65,1% lansia mengalami tidur buruk, 97,6% caregiver mengalami beban fisik, 92,9% mengalami beban psikologis dan sosial, 61,9% mengalami beban finansial, tidak ada hubungan antara kualitas tidur lanjut usia dengan care burden pada caregiver, dan ada hubungan antara gender lansia dengan care burden pada caregiver. Penelitian dapat dilanjutkan untuk mencari tahu faktor yang mempengaruhi serta mengatasi masalah tidur dan beban merawat.

Poor sleep is common among elderly. The presence of caregiver for elderly caregiver is affected indirectly by reduced sleep quality. The research aimed to determine the relationship between elderly sleep quality and care burden in caregiver. The study was correlative cross-sectional, using the Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) to measure the quality of elderly sleep and Zarit Burden Interview (ZBI) to measure burden on caregiver. This study involved 252 respondents (126 pairs of elderly and their caregivers) recruited by consecutive sampling in 2 primary health centers in East Jakarta district.
The results of the study showed 65.1% of elderly experienced poor sleep, 97.6% caregiver experienced physical burden, 92.9% experienced psychological and social burden, 61.9% experienced financial burden. There was no relationship between elderly sleep quality with care burden on caregiver and, there was relationship between elderly gender and care burden on caregiver. Therefore, finding out the factors that influence poor sleep and burden care burden will be essential for further research.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Atsari Nurshabrina Prasetianingsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia , 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 50 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-54923006 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20491659
Cover