Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan crowdfunding berbasis reward dengan menggunakan dua sumber informasi yaitu founder dan backers melalui signaling and endorsement theory pada 498 proyek crowdfunding berbasis reward di lima besar sektor industri dalam daftar ASEAN-Five. negara. di platform Kickstarter. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan uji regresi logistik dan odds ratio dalam pengolahan data. Peneliti juga menambahkan analisis sektoral melalui uji regresi linier OLS. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif informasi dari founder yang terdiri dari jumlah gambar, ketersediaan video, ketersediaan homepage, dan jumlah update terhadap variabel dependen. Selain itu, variabel jumlah komentar dan sentimen komentar terhadap endorsement juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa informasi dari founder dan backers sangat penting dalam mengatasi asimetri informasi yang dialami oleh fenomena crowdfunding berbasis reward di negara-negara ASEAN-Five. Pembahasan hasil analisis juga diperkaya dengan pernyataan dan komentar yang disampaikan oleh para pendukung untuk memperdalam pemahaman tentang pengaruh masing-masing variabel independen terhadap keputusan pendukung dalam pengambilan keputusan pendanaan.
This study aims to analyze the factors that influence the success of reward-based crowdfunding using two sources of information, namely founders and backers through signaling and endorsement theory on 498 reward-based crowdfunding projects in the top five industrial sectors in the ASEAN-Five list. country. on the Kickstarter platform. To achieve these objectives, researchers used logistic regression tests and odds ratios in data processing. Researchers also added sectoral analysis through the OLS linear regression test. This study proves that there is a significant and positive effect of information from founders consisting of the number of images, video availability, homepage availability, and number of updates on the dependent variable. In addition, the variable number of comments and comment sentiment on endorsement also has a positive and significant effect on the dependent variable. The results of this study prove that information from founders and backers is very important in overcoming information asymmetry experienced by the reward-based crowdfunding phenomenon in ASEAN-Five countries. The discussion of the results of the analysis is also enriched with statements and comments submitted by supporters to deepen understanding of the effect of each independent variable on supporting decisions in making funding decisions.