UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Evaluasi rancangan dan implementasi pengendalian internal pada siklus pendapatan: studi kasus pada Hotel ABC = Evaluation of internal control design and implementation of revenue cycle: case study on Hotel ABC

Dafne Etty Melinda Malau; M. Malik, supervisor; Sukrisno Agoes, examiner; Hendang Tanusdjaja, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Industri perhotelan di Indonesia terus berkembang seiring dengan peningkatan sektor pariwasata di Indonesia. Hal ini menyebabkan industri perhotelan menjadi semakin kompetitif. Oleh akrena itu hotel haruslah dapat mengatur keseluruhan sumber pendapatannya untuk dapat menciptakan arus profit yang stabil. Untuk itu diperlukan adanya pengawasan terhadap pengendalian internal. Dengan adanya pengawasan terhadap pengendalian intern yang baik, hotel dapat terhindar dari ancaman dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap rancangan dan implementasi sistem pengendalian internal pada siklus pendapatan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan analisis pada dokumen internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pada rancangan pengendalian internal Hotel ABC, dimana pemberian diskon, penetapan harga kamar, bonus kamar kurang diawasi dan masih banyaknya proses pencatatan penjualan pada penjualan restoran, taman bermain dan spa yang dilakukan secara manual yang berdampak pada keuntungan perusahaan. Oleh karena itu penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan aktivitas pengendalian internal yang akan mengatasi permasalahan yang ada saat ini.

The hospitality industry in Indonesia continues to grow along with the increase popularity of tourism sector in Indonesia. This caused the hospitality industry to become competitive. Therefore the hotel must be able to manage the overall source of income to be able to create a stable profit stream. For this reason, supervision of internal control is needed. With a good internal control, the hotel can avoid threats in carrying out its operational activities.This study aims to evaluate the design and implementation of internal control system in revenue cycle. This research was conducted with a descriptive qualitative approach. The data obtained through observation, interview and analysis on the company internal documents. The results shows that there were weaknesses in Hotel ABC's internal control design, where giving discounts, room pricing, complimentary rooms are not monitored properly, and there are some sales recording procedures that are done manually that had an impact on company's profits. Therefore this study provides recommendations for improvements of internal control activities that will address that issues.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Dafne Etty Melinda Malau.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 90 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-02575142 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20492090
Cover